IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI DI SURABAYA

Muhammad Nur Azmi, Tri Rijanto .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik  SMK Negeri di Surabaya. Tiga aspek implementasi kurikulum meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) evaluasi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dilengkapi dengan wawancara. Subjek penelitian adalah 32 guru produktif dengan keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 oleh guru program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri di Surabaya berada dalam kategori baik, dengan rerata sebesar 6,688; (2) proses pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 dalam kategori baik, dengan rerata sebesar 6,313; (3) evaluasi hasil belajar peserta didik dalam kategori baik, dengan rerata sebesar 6,219.

Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013.

 

Abstract

This research aims to obtain information on the implementation of Curriculum 2013 on Technical Expertise Program of Power Installation of SMK Negeri in Surabaya. Three aspects of curriculum implementation include: (1) learning planning; (2) learning process; (3) evaluation of learning outcomes. This research is an evaluative descriptive research. Data were collected using questionnaires completed with interviews. The subjects were 32 productive teachers with technical expertise of Electric Power Installation of SMK Negeri in Surabaya. The result of the research shows that: (1) Learning planning using Curriculum 2013 by teacher of Technical Program of Electric Power Installation of SMK Negeri in Surabaya is in good category, with mean equal to 6,688; (2) learning process using Curriculum 2013 in good category, with mean equal to 6,313; (3) evaluation of students' learning outcomes in good category, with mean equal to 6,219.

Keywords: Implementation of Curriculum, Curriculum 2013.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro