PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS ADOBE FLASH DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

AHMAD FATHONI, EUIS ISMAYATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan. Kelayakan mengacu pada tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penunjang dalam proses pembelajaran siswa SMK Negeri 3 Surabaya, khususnya kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan awal produk, (4) pengujian awal, (5) revisi uji lapangan terbatas, (6) uji produk secara luas, (7) analisis dan laporan. Penelitian ini menggunakaan dua kelas yaitu X TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan X TIPTL 2 sebagai kelas kontrol (pretest posttest control group design). instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 4 validator sesuai bidang keahlian masing-masing.

Hasil penelitian pada aspek kevalidan media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 82%, aspek kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari respon guru dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 89,28% sedangkan dari respon siswa dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 94,42%, dan keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 92,02%, aspek keefektifan media pembelajaran dari hasil belajar ranah kognitif siswa didapatkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 83,70 dan kelas kontrol 79,19 dan pada uji t didapat thitung = 3,289 > ttabel = 2,00, dan hasil belajar ranah psikomotor siswa didapatkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,80 dan kelas kontrol 80,96 dan pada uji t didapat thitung = 5,477 > ttabel = 2,00, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang berbeda dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro