PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA KELAS XI TAV SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

Ricki Bagus Pranajaya, AGUS BUDI SANTOSO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMKN 1 Jetis Mojokerto bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik lebih termotivasi dan antusias apabila dalam pembelajaran digunakan media pembelajaran daripada sistem pembelajaran yang monoton atau teacher center. Dengan menggunakan e-book sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan e-book interaktif pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 84%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th 15,269 > ttabel 1,70 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 89%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa e-book interaktif ini layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena SMKN 1 Jetis Mojokerto.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-book interaktif, validitas, efektifitas, kepraktisan.

Abstract

This research is motivated by the observation results at Jetis Mojokerto 1 Vocational High School that in the learning process students are more motivated and enthusiastic when learning media is used rather than a monotonous learning system or teacher center. By using e-books as learning media it is expected to provide solutions for teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce appropriate learning media. Feasibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality.

This research is a type of development research consisting of 7 steps: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revision; (6) product trials; (7) analysis and reporting. The subjects of this study were students of class XI TAV 1 SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. In this study the trial design used was a one-shot case study.

The results showed that the feasibility level of interactive e-books on aspects of validity was stated to be very feasible with a rating of 84%. Aspect of effectiveness which is viewed from student learning outcomes. From the test results of the final student learning results obtained 15,269> t table 1.70 with a significance level of 0.05, so that it can be concluded that the average final student learning outcomes are greater or equal to the KKM. And practicality aspects which are viewed from student responses are stated to be very practical with a rating of 89%.

Based on the results of these studies it is known that this interactive e-book is suitable to be used as one of the media to support student learning in the learning process in the Engineering Antenna System subject of SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Keywords: Learning Media, interactive e-book, validity, effectiveness, practicality.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro