PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN VISUALISASI 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 JABON

Ragil Putra Pamungkas Sujianto, MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil obeservasi yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jabon yang menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu banyak siswa yang mendapat hasil belajar kurang KKM untuk mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika sehingga sering diadakan remidial. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemention, Evaluation) dengan prosedur penelitian 5 tahap meliputi: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (1) Tahap Implementasi, (5) dan Tahap Evaluasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI TEI di SMK Negeri 1 Jabon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif dengan visualisasi 3 dimensi pada aspek validitas dinyatakan sangat valid dengan hasil rating sebesar 81%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa yang diukur menggunakan posttest menghasilkan nilai th = 5,339 > ttabel = 1,692 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 92%.

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Kevalidan, Keefektifan, Kepraktisan, Visualisasi 3 Dimensi.

Abstract

This educational research is based on the observation results gathered from the State Vocational School 1 in Jabon which conclude that there is a problem in the students learning process. The problem mentioned is that there are still many students whom grade in Electrical Circuit Application subject was below the expected result, which causes the teachers frequently hold a remidial exam. because of this obstacle, a learning media that could improve the student’s grade is a necessity. The main goal of this research is to produce a learning media that has qualification in terms of validity, effectivity, and practicality.

The research is done using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemention, Evaluation) method, which has five main stages which is: (1) Analysis stage, (2) Design stage, (3) Development stage, (4) Implementation stage, and (5) Evaluation stage. The subject of this research is the students from grade XI of Engineering of Industrial Electronics course in Jabon’s State Vocational School 1.

The results gained from this research for the qualification level of the interactive learning media with 3 dimension visualization in terms of validity is declared as valid, with rating level of 81%. In terms of effectivity, which measured using a posttest, resulting in tvalue of 5,339 > ttable of 1,692 using significance value of 0,05, with conclusion that the average grade of the students is more than or equal to the expected grade. Lastly, in terms of practicality, the learning media is declared as very practical, with rating level of 92%.

From the described results above, it is allowed to concludes that the learning media produced is qualified to be used in learning process in terms of validity, effectivity, and practicality.

Keywords: Learning Media, Validity, Effectivity, Practicality, 3 Dimension Visualization.






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro