Pengembangan Trainer Kit Robot Fire Extinguisher Berbasis ATmega16 Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 1 Blitar

AMIRUL FARIS, EDY SULISTIYO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan trainer kit robot fire extinguisher berbasis Atmega16 yang valid, efektif, dan praktis sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem robotik di SMK Negeri 1 Blitar.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang dikembangkan oleh Plomp, dengan subyek penelitian siswa kelas XII TEI 2 di SMK Negeri 1 Blitar. Model Plomp memiliki lima fase. Kelima fase tersebut adalah fase investigasi, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase Tes, Evaluasi, dan Revisi, dan fase implementasi. Fase investigasi meliputi pengumpulkan data-data atau informasi yang terdapat di lapangan, mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan media pembelajaran dan mengidentifikasi potensi yang ada. Fase desain terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal. Pada fase realisasi/ konstruksi adalah merealisasikan desain yang telah disusun atau dirancang sedemikian rupa, dikembangkan menjadi sebuah produk. Fase tes, evaluasi, dan revisi. Untuk tahap tes terdiri dari 3 uji tahapan, yaitu validitas trainer, kepraktisan trainer dan keefektifan trainer.

Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata validasi trainer sebesar 87,5% (sangat valid); (2) skor rata-rata validasi jobsheet sebesar 79,98% (valid); (3) siswa menunjukan respon positif terhadap pembelajaran yang ditunjukkan sebanyak 79,48%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran perekayasaan sistem robotik. Penerapan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem robotik pokok bahasan aplikasi robot fire extinguisher dalam kehidupan sehari – hari sesuai untuk kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan trainer, robot fire extinguisher, mikrokontroler

Abstract

This research attempts to produce trainer microcontroller based arduino valid, efective,and practical as a media of learning on the subjects of systems engineering robotic at SMKN 1 Blitar.

This study is a stage of development using a model of plomp developed by Plomp, where the research subjects were the XII grade of 2 TEI class in SMKN 1 Blitar. The Model plomp has have five phases. The five phases are investigation phase, design phase, realization/ construction phase, test, evaluation, and revision phase, and implementation phase. Implementation phase includes collecting data or information contained in the place, identify problems related tolearning media and identify exixting potential. Design phase consists of the preparation of tests, media selection, format selection, and initial design. In the realization/ construction is to realize a design that has been prepared or designed in such a way, developed into a product. Test, evaluation, and revision phase. For test phase consists of 3 stages, namely trainer validation, trainer practicality, and trainer efectiveness.

Result of research showed (1) an average score of trainer validation is 87,5% (very valid); (2) an average score of jobsheet validation is 79,98% (valid); (3) students showed a positive response to practicality of that indicated as many as 79,48%. Based on these results it can be concluded that the developed learning feasible for use in engineering of the robotic system classes. The application of the learning in the course of engineering of the robotic system subject of robot fire extinguisher applications in daily life - the day according to the learning activities.

Key words: trainer development, robot fire extinguisher, microcontroller.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro