PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TAV SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

DANIEL AGUS SETIAWAN, AGUS BUDI SANTOSO

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dalam bentuk buku digital interaktif pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. Kelayakan dalam hal ini mengacu pada aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan media pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan buku digital interaktif pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating sebesar 83,3%. (2) kelayakan buku digital interaktif pada aspek efektifitas ditinjau dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM dengan nilai th = 27,015 > ttabel = 1,69. (3) kelayakan buku digital interaktif pada aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 91%.

The purpose of this study is to produce appropriate learning media in the form of interactive digital books on subjects of the application of electronic circuits. Feasibility in this case refers to aspects of validity, effectiveness, and practicality of learning media.

This study uses a research development method (R & D) which consists of 7 steps, namely: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product testing; (7) analysis and reporting. In this study the trial design used was a one-shot case study.

The results showed that: (1) the feasibility of interactive digital books on the aspect of validity was declared very feasible with a rating of 83.3%. (2) the feasibility of interactive digital books on aspects of effectiveness in terms of student learning outcomes obtained the average value of student final learning outcomes greater or equal to KKM with a value of th = 27.015> t table = 1.69. (3) the feasibility of interactive digital books on aspects of practicality that are viewed from the response of students is stated to be very practical with a rating of 91%.




Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro