Pengembangan Media Pembelajaran Trainer dan Jobsheet Pemrograman Visual Basic Pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 1 Blitar

TYAS WIBAWAN SAPUTRO, BAMBANG SUPRIANTO

Abstract


ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN DI SMK NEGERI 1 BLITAR

Nama : Tyas Wibawan Saputro Nim : 14050514042

Program Studi : S1 - Pendidikan Teknik Elektro

Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer dan jobsheet pemrograman visual basic yang baik dan layak digunakan pada mata pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 1 Blitar. Pada penelitian ini kelayakan media pembelajaran ditinjau dari tingkat validitas trainer dan jobsheet pemrograman visual basic, keefektifan ditinjau dari ketercapaian kompetensi peserta didik, dan terakhir adalah kepraktisan yang ditinjau dari respon peserta didik.

Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE, sedangkan desain uji coba produk yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Penlitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Blitar dengan menggunakan subyek penelitian peserta didik kelas X TEI yang berjumlah 35 dari 36 peserta didik.

Produk yang dikembangkan ialah Trainer dan Jobsheet Pemrograman Visual Basic. Sedangkan untuk instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk trainer dan jobsheet pemrograman visual basic, soal tes pengetahuan, lembar obeservasi kompetensi keterampilan peserta didik, dan angket respon peserta didik. Analisis kompetensi peserta didik mengunakan analisis deskriptif untuk mengungkap kompetensi pengetahuan dan ketrampilan peserta didik.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan tingkat kevalidan trainer pemrograman visual basic 83,80 %, tingkat kevalidan josbheet 77,78 % dan berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi peserta didik yang diajarkan menggunakan Trainer dan Jobsheet Pemrograman Visual Basic memperoleh rata-rata 80,75. Dengan nilai terendah 71,45, sedangkan untuk nilai tertinggi adalah 87,65. sedangkan untuk respon peserta didik memperoleh hasil 80,43 %.

Kata Kunci : Visual Basic, Josbheet, Media Pembelajaran, Mikrokontroler, pengendalian dan pemantauan







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro