PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

SUNARYO , EUIS ISMAYATI

Abstract


Media dalam pendidikan diartikan sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Media mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran karena pembelajaran merupakan suatu sistem yang mengandung komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. peran komputer sebagai pembantu dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi, isi materi pelajaran, latihan soal dan dilengkapi dengan tombol-tombol yang dapat mengakses perintah yang sesuai. Adobe Flash merupakan program animasi berbasis vektor, yang telah banyak digunakan oleh para animator untuk membuat berbagai animasi, Adobe Flash CS6 telah mampu mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi sehingga tampak lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer menggunakan software Adobe Flash CS6 yang layak pada Mata Kuliah Fisika dengan kriteria (1) valid, (2) praktis (3) efektif.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D(research and development). Tahapan-tahapan dari model R&D yaitu: 1) Tahap Potensi dan Masalah, 2) Tahap Pengumpulan Data, 3) Tahap Desain Produk, 4) Tahap Validasi Desain, 5) Tahap Revisi Desain, 6) Tahap Uji Coba Produk, 7) Tahap Analisis dan Pelaporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran mencapai 85,5% yang berarti media sangat valid untuk digunakan. Kepraktisan media pembelajaran mencapai 79,66% yang berarti praktis untuk digunakan. Sedangkan keefektifan media pembelajaran menunjukkan hasil 91,89% dan tergolong sangat Efektif sehingga dapat membantu proses belajar mengajar mahasiswa menjadi lebih baik lagi.

Kata Kunci: Media pembelajaran, peran komputer, Adobe Flash CS6, R&D







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro