PENGEMBANGAN TRAINER KIT MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO BERBASIS IOT SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM DI SMK NEGERI 1 JENANGAN PONOROGO

MUHAMMAD FEBRI WARDIYANTO, EPPY YUNDRA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo bahwa kendala yang dialami oleh guru dalam menjelaskan materi mikrokontroller pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram yaitu belum adanya trainer mikrokontroller.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan berdasarkan validitas, efektifitas dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 9 (sembilan) tahapan penelitian, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TOI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Pengujian produk dilakukan menggunakan pre-experimental design (nondesign) dengan bentuk single one shot case study. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan trainer kit mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT sebagai media pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating trainer sebesar 91.67%, hasil rating jobsheet sebesar 89.59%, hasil rating lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89.58%, hasil rating RPP sebesar 85.89% dan hasil rating butir soal sebesar 88.54%. Aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan praktis dengan hasil rating sebesar 81.25% dan aspek efektifitas ditinjau dari hasil belajar peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 diperoleh nilai thitung = 14.357 > ttabel = 1,70329.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil akhir belajar peserta didik lebih dari sama dengan nilai KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.

Kata Kunci : Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro