PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELETRONIKA TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

DANANG JAYA A, AGUS BUDI SANTOSO

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengasilkan media pembelajaran yang layak (Nieveen, 1999), diukur dengan kriteria antara lain: (1) mengetahui validitas media pembelajaran oleh para ahli, (2) mengetahui keprakatisan media pembelajaran dari hasil angket respon siswa, dan (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran dari hasil tes hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini menggunakan model R&D (Borg dalam Sanjaya, 2013). Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMK Negeri 7 Surabaya. Subjek yang diambil adalah siswa kelas X-TAV3 dengan jumlah 32 siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai validitas dan kepraktisan, adalah menggunakan angket bagi dosen ahli materi, bahasa, desain serta siswa, dengan analisis menghitung rata-rata dari skala penilaian 1-5 (Widoyoko, 2012). Sementara instrumen penilaian keefektifan adalah tes, soal evaluasi dengan nilai acuan (test value) kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75 dari skala 1-100 dengan analisis menggunakan metoda statistika one-sample T test.

Hasil penelitian yang didapat, media pembalajan dinyatakan layak dengan tinjauan: (1) nilai validitas 4,25 atau 85% valid dari para ahli, (2) nilai kepraktisan 4,14 atau 82,8% baik dari respon siswa, serta (3) nilai keefektifan rata-rata sebesar 84,4 atau lebih dari KKM, mengalami kenaikan signifikan sebesar 12%. Uji statistik mendapat penerimaan di hipotesis (H1): nilai rata-rata uji lebih dari test value. Nilai uji: t hitung= 10,529 > t tabel= 2,04 (Sudjana, 2005). Data uji juga terdistribusi normal dan memiliki asimtot signifikasi: 0,417.

Kata kunci: validitas media pembelajan, respon siswa, hasil belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro