PENGEMBANGAN EDUCATION GAME PADA MATA DIKLAT INSTALASI JARINGAN LOKAL(LOCAL AREA NETWORK) DI SMKN 1 TUBAN

Mohamad Nanang Kholik

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Education Game pada mata diklat instalasi  jaringan lokal (local area network). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap ujicoba produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan. Dari penelitian diperoleh hasil validasi media Education Game dari aspek gameplay, control, graphic and sound, scripting, bahasa, materi dan evaluasi dengan nilai prosentasi validasi keseluruhan adalah 81,6 % dan dapat dikategorikan baik/layak. Dari rincian angket respon yang telah diisi oleh siswa yang menggunakan media didapatkan nilai prosentasi  angket keseluruhan adalah 80,4 % dan dapat dikatakan  baik/menarik. Dari hasil belajar dilakukan perbandingan antara posttest dengan pretest, setelah dihitung diperoleh thitung = 11,07, dengan harga t0,975 dan dk = 30 - 1 = 29 didapatkan nilai ttabel = 2,04. Terima H0 jika thitung < 2,04, dan terima H1 jika thitung > 2,04. Ternyata thitung jauh lebih besar dari ttabel, sehingga diterima H1 yaitu terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Education Game baik/layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata diklat instalasi jaringan lokal (local area network).

Kata kunci:   Media Pembelajaran, Research and Development (R&D), Melakukan  instalasi jaringan lokal (local area network)

Abstract

This research is development of learning media to produce Education Game in installation of local area network (LAN) subject . Used the research & development (R & D) method. This research have seven stages, there are: (1) problem analyzing, (2) data collecting, (3) product design, (4) validity design, (5) revision design, (6) product testing and, (7) analyzing & reporting. From the research & counting result, Produced Education Game has validity 81,6 %, from aspect of gameplay, control, graphic and sound, scripting, language, contents, and evaluation, which is in good or proper category. From detail of student response has been filled by student which using media Produced Education Game get the value 80,4 % from all polling. Which is in good or proper category. From result of learning evaluation conducted a comparison between the posttest of pretest, after the count obtained  tcount = 11,07, with value of t0,975  and dk = 30 - 1 = 29, we get the value of ttable = 2,04. Accept H0 if t count < 2,04, and accept H1 if tcount > 2,04. So tcount far bigger than ttable, causing is received H1 that is there is improvement result of learning after using media. Based on result obtained, hence inferential that learning media of Education Game is good/proper to be applied as learning media at installation of local area network (LAN) subject.

Keyword : learning media, research & development (R&D), installation of local area network (LAN).



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro