PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDIO, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN SAMPANG

Amir Mahmud ., J. A. Pramukantoro

Abstract


Abstrak

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia pada peserta didik khususnya siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), disusun suatu metode pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berpikir kreatif dan lebih inovatif. Pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI merupakan pembelajaran yang menggabungkan  gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indera yang  dapat berpengaruh besar terhadap pembelajaran peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa modul pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, yang mempunyai  7 (tujuh) tahapan yaitu: (1) tahap analisis masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap ujicoba produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan.

Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi perangkat pembelajaran dari hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu pada RPP, Bahan ajar dan butir soal maka didapatkan nilai validasi keseluruhan adalah 83,33% dan dapat dikategorikan sangat valid/layak. Dari angket respon siswa didapatkan nilai keseluruhan adalah 76,21% dan dapat dikatakan baik/layak. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada kelas Eksperimen sebesar 80,03% dan kelas control 72,21%. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 4,043 dan untuk t tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) adalah 1,70. ini berarti ketuntasan belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran yaitu RPP dan modul dengan pendekatan SAVI pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika dapat dicapai dengan baik.

 

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan, Menerapkan dasar-dasar elektronika.

 

Abstract

In order to improve human resources to students especially students of vocational high school (SMK), developed a method of learning that can help students to think creatively and be more innovative. Learning to use the SAVI method of learning that combines physical movement with intellectual activity and the use of all the senses that can greatly affect the learning of students.

This research is aimed at developing learning tools to produce learning tools in the form of modules in the standard of competence to understand the nature of the audio signal. The method used is the research and development, which has 7 (seven) stages, namely: (1) stage of problem analysis, (2) the data collection phase, (3) the product design stage, (4) design validation phase, (5) the revision stage design, (6) product testing phase and (7) analysis and reporting stages.

From the research that has been done, the validation results obtained from the results of the validation study is on learning the lesson plans, teaching materials and items about the overall validation of the value obtained is 83.33% and can be categorized as very valid / feasible. From the questionnaire responses of students overall value obtained is 76.21% and can be good / decent. The percentage of students in the classroom mastery learning experiment by 80.03% and 72.21% grade control. While the calculations obtained using the t test t value 4.043 and for t table at significance level of 5% (0.05) is 1,70. This means that mastery learning using learning tools and modules that RPP SAVI approach the standard of competence apply the basics of electronics can be achieved with either. 

Keywords: Learning Tools, Research and Development, Applying the basics of electronics.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro