PENGEMBANGAN TRAINER ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNTUK MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

MOH. HARIANTO, AGUS BUDI SANTOSO

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran mikroprosesor-mikrokotroller di SMK Negeri 1 Driyorejo dimana tidak semuanya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sehingga diperlukan remidial agar hasil belajar semua peserta didik dapat mencapai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pada penelitian ini dikembangkan sebuah trainer robot line follower berbasis microcontroller arduino untuk mata pelajaran mikroprosesor-mikrokotroller. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang layak berupa trainer robot line follower dan experimnet sheet untuk mata pelajaran mikroprosesor-mikrokontroller.

Kriteria kelayakan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan efektifitas. Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analyze, Design, Developmet, Implementation and Evaluation). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba trainer dan experimnet sheet dilakukan kepada 30 peserta didik kelas XI TEI SMK Negeri 1 Driyorejo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi trainer dan experimnet sheet, angket kepraktisan trainer dan experimnet sheet serta lembar penilaian peserta didik untuk ranah kognitif dan psikomotor.

Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat validitas trainer sebesar 91,07% (sangat valid) dan experimnet sheet sebesar 92,5% (sangat valid). Untuk tingkat kepraktisan yang dilihat dari respon peserta didik mencapai 85,42% (sangat praktis). Tingkat efektifitas yang ditinjau dari rata-rata hasil belajar peserta didik berada di atas KKM yaitu 84,14 (KKM=75). Dari hasil analisis SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 12,831 dengan df adalah 29 dan memperoleh signifikansi 0,000. Sehingga nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara signifikan lebih besar dari KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu trainer robot line follower dan experiment sheet layak digunakan untuk mata pelajaran mikroprosesor-mikrokontroller.

Kata Kunci: Trainer, experiment sheet, validitas, kepraktisan, efektifitas.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro