PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

AGUS MAHREZA ALFARIZI, EDY SULISTIYO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak berupa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya. Kriteria kelayakan tersebut ditinjau dari aspek validasi, kepraktisan, dan efektifitas.

Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analysis -Design -Development -Implement -Evaluate). Desain penelitian ini menggunakan uji One Shot Case Study. Uji coba media pembelajaran interaktif berbasis CAI dilakukan kepada 30 siswa kelas XI TAV di SMKN 2 Surabaya. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi media CAI, angket kepraktisan, serta lembar penilain siswa.

Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kevalidan produk Media Pembelajaran Interaktif Berbasis CAI berdasarkan analisis penilaian validator mendapat persentase sebesar 92,33% (sangat valid). Untuk tingkat kepraktisan ditinjau dari analisis angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 82,97% (praktis). Untuk tingkat efektifitas yang ditinjau dari ketercapaian hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar telah melebihi (KKM=75) yaitu sebesar 84,05. Dari hasil analisis SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 8,627 dengan df=29 dan memperoleh signifikansi 0,000. Sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa melebihi dari nilai KKM dan dapat dikatakan efektif.

Kata kunci : Media Pembelajaran CAI, Trainer Sensor & Transduser, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro