PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUGAME ADVENTURE BERBASIS RPG MAKER PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

LUTFI ANGGARA PUTRA, BAMBANG SUPRIANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Edugame Adventure berbasis RPG Maker pada mata pelajaran PLC layak untuk digunakan. Subyek uji coba penelitian ini yaitu kelas XII TEI di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (research and development) yang dibatasi menjadi tujuh tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran Edugame Adventure berbasis RPG Maker. Validasi media menujukan bahwa media pembelajaran valid dengan hasil rating sebesar 80,72%. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran Edugame Adventure dikategorikan baik dengan hasil rating sebesar 81%. Sedangkan hasil belajar post-test peserta didik juga dikategorikan sangat baik dengan hasil rata-rata nilai post-test peserta didik sebesar 79,4%.

Kata Kunci: Media pembelajaran Edugame Adventure, Respon peserta didik, hasil belajar peserta didik.

This research aims to produce RPG Maker based Edugame Adventure learning media on PLC subject that suitable for use. The subjects of this study is class of XII TEI at SMK Negeri 1 Driyorejo. This research uses R&D (research and development) method which is limited to seven stages, namely (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) product validation, (5) product revision, (6) product testing, and (7) analysis and reporting. The research results is a RPG Maker based Edugame Adventure learning media. Media validation shows that learning media is valid with a rating of 80.72%. The response of students to Edugame Adventure learning media is categorized as good with a rating of 81%. While the post-test learning scores is also categorized very well with the average student’s post-test scores obtains 79.4%.

Keywords: Edugame Adventure learning media, student’s response, student’s learning result.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro