Rancang Bangun Modul Ajar dan Trainer Analog Line Tracer Robot pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Smk Negeri 1 Jabon

SHODIQ HERMAWAN, MUHAMAD SYARIFFUDDIEN ZUHRIE

Abstract


ABSTRAK

RANCANG BANGUN MODUL AJAR DAN TRAINER ANALOG LINE TRACER ROBOT PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 JABON

Nama : Shodiq Hermawan

Nim : 14050514073

Progam Studi : S1 Pendidikan Teknik Elektro

Jurusan : Teknik Elektro

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : M.Syariffuddien Z,S.Pd,M.T.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan trainer analog line tracer robot yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan di SMK Negeri 1 Jabon.

Pengembangan trainer dan modul ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Ujicoba trainer dan modul dilakukan pada peserta didik kelas XII TEI SMK Negeri 2 Jabon Sebanyak 30 peserta didik. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi trainer dan modul, angket kepraktisan trainer dan modul, dan lembar penilaian peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dan dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan hasil persentase trainer sebesar 81,24% dan modul sebesar 82,80%. Untuk keefektifan trainer dan modul dapat dikatakan efektif, hasil belajar siswa ranah kognitif mendapat nilai rerata 81,66. Pada ranah psikomotor mendapat nilai rerata 81,83, serta nilai akhir belajar dengan rerata 81,72 dengan nilai thitung sebesar 9,092 dengan df adalah 29 dan memperoleh signifikansi 0,000. Sedangkan untuk kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan persentase respon siswa sebesar 88,11%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan trainer dan modul yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata kunci : Trainer Analog Line Tracer Robot, Sensor Garis

.

ABSTRACT

DESIGN OF ANALOG LINE TRACER ROBOT LEARNING AND TRAINER MODULE IN THE STUDY OF ROBOTIC SYSTEM ENGINEERING TO IMPROVE STUDENT SKILLS IN STATE VOCATIONAL SCHOOL 1 JABON

Name : Shodiq Hermawan

Registration : 14050514073

Study Program : S1 Electrical Engineering Education

Department : Electrical Engineering

Faculty : Faculty of Engineering

Institute Name : State University of Surabaya

Advisor : M. Syariffudien Z,S.Pd,M.T.

This study aims to find the feasibility of analog line tracer robot trainers which include the validity, practicality, and effectiveness in Jabon 1 State Vocational School.

Trainers’ development and module use Research and Development model (R & D). The research design used is the One-Shot Case Study. Trainer and module trials were conducted on students of XII TEI class Jabon Vocational School 2 as many as 30 students. The instrument used were the trainer and module validation sheet, the trainer’s practicality and module, and the student’s assessment sheet.

The result showed the validity and was stated to be very valid to use with the result of the trainer percentage of 81,24% and module of 82,80%. For the effectiveness of trainer and module, it can be declared effective, learning outcomes of cognitive domain students get an average value of 81,66. In psychomotor domain, it gets an average value of 81.83, and the last value of learning was 81.72 with a calculated value of 9.092 with DF is 29 and obtaining a significance of 0,000. While for practicality stated very practical with the percentage of students’ responses amounting to 88.11%. Based on these result, this study produces trainer and module that are workable, including validity, practicality, and effectiveness.

Keywords: Analog Line Tracer trainers, Line Sensor.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro