PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS EXPERIMENT SHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

Devi Safitri, JOKO

Abstract


Perangkat pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis experiment sheet yang layak digunakan ditinjau dari: 1) kevalidan experiment sheet; 2) kepraktisan experiment sheet; 3) keefektifan experiment sheet mata pelajaran instalasi motor listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D), langkah penelitian: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) analisis dan pelaporan. Desain uji coba penelitian menggunakan Non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Surabaya dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan validitas perangkat pembelajaran dengan rerata 86,45% pada kategori sangat valid. Exeriment sheet instalasi motor listrik rerata kevalidan 89,29% pada kategori sangat valid, soal tes pengetahuan rerata didapatkan 86,11% pada kategori sangat valid. Lembar penilaian (LP) sikap spiritual didapatkan rerata 89,17% pada kategori sangat valid. Lembar penilaian (LP) sikap sosial didapatkan rerata 89,17% pada kategori sangat valid. Perangkat pembelajaran berbasis experiment sheet ditinjau dari respon siswa terhadap pembelajaran berbasis experiment sheet rerata 86,15% pada kategori sangat valid.Hasil belajar ranah kognitif siswa yang dikembangkan pada level higher order thingking skills (HOTS) meliputi menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6) pada kelas kontrol mendapatkan rerata 63,83 sedangkan kelas eksperimen nilai rerata 80,83, hasil dari SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,00>0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar siswa ranah psikomotor mata pelajaran instalasi motor listrik kelas kontrol mendapatkan nilai rerata 70,14 dan kelas eksperimen 85,07, hasil dari SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,00>0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar ranah psikomotor yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar ranah afektif siswa kelas kontrol mendapatkan rerata 84,16 dan kelas eksperimen 89,37, hasil belajar ranah afektif siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis experiment sheet yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk meningkatkan higher order thingking skills siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik.

Kata Kunci: pembelajaran, experiment sheet, higher order thingking skilss, instalasi motor listrik.






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro