Pengembangan Digital Book Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Pada Siswa Kelas XI SMKN 5 Surabaya

YAYUK YULI KURNIA, EUIS ISMAYATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran digital book interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik yang valid ditinjau dari validasi ahli, (2) menghasilkan media pembelajaran digital book interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik yang praktis ditinjau dari respon guru dan respon siswa, dan (3) menghasilkan media pembelajaran digital book interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik yang efektif ditinjau dari hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Surabaya kelas XI TITL 3 yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang dikemukakan oleh Sugiyono (2019: 37), yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan awal produk; (4) pengujian awal; (5) revisi uji lapangan terbatas; (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan laporan. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design (nondesign) bentuk one-shot case study.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media pembelajaran digital book interaktif dalam kategori sangat valid dengan rerata hasil rating sebesar 94,64%, (2) respon guru terhadap media pembelajaran digital book interaktif dalam kategori sangat praktis dengan rerata hasil rating sebesar 90,10% dan respon siswa dalam kategori sangat praktis dengan rerata hasil rating sebesar 90,63% dan (3) keefektifan media pembelajaran digital book interaktif diperoleh dari hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar ranah afektif sebesar 85,94 sehingga nilai di atas KKM, hasil belajar ranah kognitif dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah kognitif di atas KKM dan hasil belajar ranah psikomotor dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor di atas KKM sehingga efektif digunakan. Karena media pembelajaran digital book interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan.

Kata kunci: media pembelajaran, digital book, valid, respon, hasil belajar.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro