Pengembangan Perangkat Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Media Kartu Kuintet untuk Meningkatkan Kompetensi Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dan Keterampilan Komunikasi di SMKN 1 Pungging

SITI HANDRIYANTI UMAIROH, ISMET BASUKI

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk perangkat pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) berbantuan Media Kartu Kuintet (MKK) mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) kelas X TITL SMKN 1 Pungging, ditinjau kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, meliputi: (1) silabus model LC5E berbantuan MKK DLE; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model LC5E berbantuan MKK DLE; (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model LC5E berbantuan MKK DLE; dan (4) MKK DLE.

Penelitian ini menggunakan metode four D models yang tahapannya meliputi: (1) define; (2) design; (3) develope; dan (4) ujicoba empiris, menggunakan one shot case study.

Hasil kevalidan produk yang dikembangkan meliputi: (1) silabus model LC5E berbantuan MKK DLE sebesar 3,86 dengan kriteria layak digunakan; (2) RPP model LC5E berbantuan MKK DLE KD 3.7 sebesar 3,84 dengan kriteria layak digunakan; (3) RPP model LC5E berbantuan MKK DLE KD 3.8 sebesar 3,85 dengan kriteria layak digunakan; (4) LKPD model LC5E berbatuan MKK DLE KD 3.7 sebesar 3,81 dengan kriteria layak digunakan; (5) LKPD model LC5E berbatuan MKK DLE KD 3.8 sebesar 3,81dengan kriteria layak digunakan; (6) MKK DLE sebesar 3,95 dengan kriteria layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk ini layak diterapkan di SMK.

Hasil kepraktisan produk yang dikembangkan ditinjau keterlaksanaan pembelajaran model LC5E berbantuan MKK DLE dengan kriteria terlaksana dengan sangat baik, sedangkan hasil respon peserta didik terhadap model LC5E berbantuan MKK DLE memperoleh respon positif dari para responden, menunjukkan bahwa produk ini diterima secara positif.

Hasil keefektifan dianalisis menggunakan uji one sample t-test, meliputi: (1) kompetensi sikap DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 85,61 dan telah melampaui KKM; (2) kompetensi pengetahuan DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 84,50 dan telah melampaui KKM; 3) kompetensi pengetahuan DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 83,54 dan telah melampaui KKM; dan (4) keterampilan komunikasi DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 83,60 dan telah melampaui KKM.

Kata Kunci: Learning cycle 5E, kartu kuintet, dasar listrik dan elektronika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro