PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN DENGAN ACTIVE LEARNING (STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK PENERANGAN DI SMKN 2 SURABAYA

. Mohammad Sholehudin, J. A. Pramukantoro

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran Active Learning dan sesudah pembelajaran Active Learning pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran langsung dan sesudah pembelajaran langsung pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMKN 2 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Kelas XI TITL-2 sebagai kelas eksperimen dan XI TITL-3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79,0370 (eksperimen) dan 70,9259 (kontrol); (2) Hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran Active Learning lebih tinggi dibandingkan sesudah pembelajaran Active Learning pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik dengan rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 56,63 dan post-test 79,04 (eksperimen) (3) Hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran langsung  lebih tinggi dibandingkan sesudah pembelajaran langsung pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik dengan rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 58,76 dan post-test 70,93 (kontrol).

 

Kata kunci : Model pembelajaran Active Learning dengan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS), Model

Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Siswa..

 

ABSTRACT

This study aims to: (1) Know the difference student learning result using learning model with Active Learning (Active Knowledge Sharing Strateg) (AKS) with student learning result using direct learning model. (2) Know the difference between student learning result before and after the learning Active Learning in engineering electrical power installations program. (3) Know the difference between student learning result before and after direct learning in the program installation of electric power engineering.

The research method used was a quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were students of class XI 2 TITL SMK Surabaya. Sample taken 2 classes with the sampling technique used is simple random. TITL Class XI-2 and XI as an experimental class TITL-3 as a control class. While the results of their study to determine differences in the data analysis techniques used t-test.

The results showed that: (1) The results of student learning using learning model with Active Learning Active Knowledge Sharing Strategy (AKS) is higher than that of student learning result using direct learning model with an average of 79.0370 learning outcomes (experimental) and 70.9259 (control), (2) learning result among students before learning with Active learning higher than after learning Active learning in the engineering program power installations with an average pre-test learning result of 56.63 and a post-test 79.04 (experimental) (3) student learning result between before learning directly higher than immediately after learning the engineering program power installations with an average pre-test learning result at post-test 58.76 and 70.93 (control).

 

Keywords :  Active learning models with strategy active knowledge sharing (AKS), direct learning models,

student learning result.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro