PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PEMASANGAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA

Irna Tri Yuniahastuti, Endryansyah . .

Abstract


Abstrak

Proses pembelajaran di SMK Negeri 7 Surabaya pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana masih menggunakan metode konvensional, guru cenderung menguasai kelas dengan metode ceramah dan memanfaatkan buku. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan media yang membantu pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana kelayakan media pembelajan interaktif, (2) bagaimana hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif, dan (3) bagaimana aktifitas siswa selama menggunakan media pembelajaran. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan menggunakan media pembelajaran, dan (3) mengetahui aktifitas pembelajaran siswa selama menggunakan media interaktif.

Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau R&D, subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 3 SMK Negeri 7 Surabaya. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar validasi perangkat, lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan rating 83,51% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran, (2) ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa pada ranah kognitif mencapai 85,7% dengan nilai rata-rata kelas adalah 79,5 sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai nilai rata-rata 15,95 dengan kategori sikap/ minat positif, dan (3) aktifitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran mencapai rerata sebesar 95% dengan kategori reabilitas tinggi. Hasil validasi perangkat mendapat nilai rata-rata 81,5% dari semua aspek dan validasi butir soal termasuk dalam kategori sangat layak.

 

Kata kunci : Media pembelajaran, Hasil belajar siswa dan Aktifitas siswa.

Abstract

Learning process in SMK Negeri 7 Surabaya on competency standard install electric lighting installation simple buildings still using conventional methods, teachers tend to dominate the class with a lecture and take advantage of the book. To overcome this, the media used to help learning. Formulation of the problem in this study were: (1) how eligibility pembelajan interactive media, (2) how student learning result in the cognitive and affective domains, and (3) how the student activity during the use of instructional media. While this study aims to: (1) generate interactive learning media on competency standard install electric lighting installation simple building, (2) determine student learning result in the cognitive and affective domains using instructional media, and (3) determine students' learning activities for use interactive media.

The method used is a development research or R & D, the subjects were students of class X TITL 3 SMK Negeri 7 Surabaya. While the instruments used are sheets of instructional media validation, validation sheet devices, observation of student activity sheets and achievement test. Data were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage.

The results showed that: (1) interactive learning media resulting in a very valid category with a rating of 83.51% so it can be used for learning, (2) mastery learning result achieved by students in the cognitive reached 85.7% with a mean value class average is 79.5 while the student learning result in the affective domain, achieving an average score of 15.95 by category attitude / positive interest, and (3) activity of students using instructional media to reach an average of 95% with high reliability category. The results validate the value of the average received 81.5% of all the aspects and validation of items included in the category of very decent.

Keywords: Media learning, student learning result and student activity.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro