PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KREATIVITAS BERBEDA PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

. Miftakhul Hidayah, IGP. Asto Buditjahjanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa kreativitas tinggi dengan siswa kreativitas rendah pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Students Teams-Achievement Divisions (STAD, serta (3) untuk mengetahui interaksi antara kreativitas dengan metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMKN 1 Jetis pada kelas X TAV 1 dan X TAV 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 9 kali pertemuan yang terdiri dari 6 fase pada tiap pertemuan dengan materi menjelaskan desibel serta menjelaskan konversi besaran pada microphone dan loudspeaker.

Hasil analisis yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan (1) adanya perbedaan hasil belajar antara siswa berkreativitas tinggi dan siswa berkreativitas rendah, dimana rata-rata hasil belajar siswa berkreativitas tinggi 74,781 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa berkreativitas rendah yaitu 73,5. (2) Adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe TPS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD, untuk kelas dengan metode TPS memiliki nili rata-rata 79,375 sedangkan kelas dengan metode STAD hanya 68,906. (3) Adanya interaksi antara kreativitas dengan metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa dimana  Fhitung > Ftabel.

 

Kata kunci: Think Pair Share (TPS),Student Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar dan kreativitas

Abstract

This research aims to: (1) know the difference of learning outcomes between students of high creativity with low creativity students on Competency Standards of Understandng Basic of Audio Signal, (2) know the difference of learning outcomes between students who use Think pair Share (TPS) cooperative learning model with students who use Students Teams-Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model, and (3) know the interaction between creativity with methods of cooperative learning on student learning outcomes.

This research was an experimental research with desain research of True Experimental Design type of Post-Test Only Control Design conducted at SMK 1 Jetis in class X TAV 1 and X TAV 2 by the number of students in each class of 32 students. This research was conducted in 9 sessions consisting of 6 phases at every meeting to discuss the matter Explain of decibel and Explain Quantity of Conversion Microphone and Loudspeaker.

Analysis results obtained at the this research showed (1) the difference of learning outcomes between students of high creativity and low creativity students, where the average high creativity of student learning outcomes 74.781 higher than the average low creativity of student learning outcomes is 73.5. (2) The difference learning outcomes between students who use cooperative learning model with SMT type with students who use cooperative learning model with STAD, to class with TPS method has an average value of 79.375 while the STAD method only class with 68.906. (3) The interaction between creativity with methods of cooperative learning on student learning outcomes which Fhitung>Ftabel.

 

Keywords: Think Pair Share (TPS), Student Teams Achievement Divisions (STAD), the results of learning and creativity


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro