Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 3 Surabaya

. Fani Nurlaila, IGP. A. Buditjahjanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa baik yang menggunakan tipe pembelajaran Think Pair Share ataupun yag menggunakan pembelajaran Jigsaw pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata diklat menerapkan dasar-dasar teknik digital pada siswa kelas x program keahlian teknik audio video pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah, dan (3) mengetahui adanya interaksi tipe pembelajaran Think Pair Share, kecerdasan logis matematis siswa yang tinggi dan kecerdasan logis matematis siswa yang rendah dan hasil belajar siswa kelas x program keahlian teknik audio video.

Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan “Desain Faktorial Anava 2 x 2”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEAV-2 sebagai kelas Think Pair Share dan X TEAV-3 sebagai kelas Jigsaw SMK Negeri 3 Surabaya. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara tipe pembelajaran Think Pair Share dan Jigsaw, perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis berbeda (tinggi dan rendah), serta untuk mengetahui adanya interaksi tipe pembelajaran Think Pair Share, kecerdasan logis matematis siswa dan hasil belajar dilakukan analisis varian dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan tipe pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi atau berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan tipe pembelajaran Jigsaw. yaitu nilai uji-F= 166,839 dengan p-value 0,000, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; (2) hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi lebih baik atau berbeda secara signifikan dengan nilai uji-F = 8,963 dan p-value = 0,004, p-value lebih kecil dari α = 0,05 ; dan (3) Terdapat interaksi antara tipe pembelajaran, kecerdasan logis matematis dan hasil belajar siswa dengan nilai uji-F = 13,158 dan p-value = 0,001, p-value lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareJigsaw, kecerdasan logis matematis dan hasil belajar.

 

ABSTRACT

This research aims to: (1) gain information about differences in student’s learning result using either Think Pair Share’s learning type or that one using Jigsaw’s learning type on the basic competity to apply digital fundamental, (2) gain information whether there is difference in learning result on the basic competity to apply digital fundamental grade X technic audio video program students with high logical mathematic intelligent and students with low logical mathematic intelligent, and (3) gain information if there interaction of Think Pair Share’s learning type, high student logical mathematic intelligent and low school logical mathematic intelligent and learning result of student grade X program technic audio video.

This research method used is design of "Factorial Anava 2x2". The subjects in this study were students of class X-2 TEAV as Think Pair Share class and X-3 as Jigsaw class in SMKN 3 Surabaya. Then to know the difference the learning result between cooperative learning type Think Pair Share and Jigsaw, differences learning result that have different logical mathematic intelligent (high and low), and to know there is interaction of Think Pair Share’s learning type, logical mathematic intelligent and learning result of students performed by of variance two-way analysis.

This results shown that: (1) the learning result of students who use Think Pair Share’s learning type higher or significantly different compared with the learning results of student who use Jigsaw’s learning type. the value of F-test = 166.839 with p-value 0.000, p-value less than α = 0.05, (2) the learning result of students who have high logical mathematic intelligent better or significantly different from the value of F-test = 8.963 and p-value = 0.004, p-value less than α = 0.05, and (3) There is interaction between the learning types, logical mathematic intelligents and learning result of students with test-value F = 13.158 and p-value = 0.001, p-value is less than α = 0.05.

Keywords: Cooperative Learning Type Think Pair Share, Jigsaw, Logical Mathematic Intelligent and the students’ learning result.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro