PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO

Indra Tri Priatna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak tidaknya penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas X TAV 1 (eksperimen) dan X TAV 2 (kontrol) di SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Research and Development.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahap pertama diaadakannya pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa tahap kedua melakukan proses pembelajaran dengan  menggunakan metode pembelajaran  Student Teams Achievement dan tahap terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 63,31% dari hasil validasi oleh para ahli. (2)Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Student Teams Achievement lebih baik 7,0 dengan rincian nilai rata – rata kelas eksperimen 75,2 dan nilai rata – rata kelas kontrol 68,2.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran  Student Teams Achievement, dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Th This study aims to determine the appropriateness of the application of learning methods and know the differences Nine Event student learning outcomes. Target research that students of class X TAV 1 (experimental) and X TAV 2 (control) at SMK Negeri 7 Surabaya academic year 2012/2013. Type of research is the study research and Development.

Methods of data collection in this study gained through student learning outcomes quantitatively analyzed descriptively expressed as a percentage. The first phase holding pre-test to determine the ability of students beginning the second phase of the process of learning by using learning methods Student Teams Achievement and the last stage held a post-test to determine student learning outcomes.

From the results obtained, show that: (1) The researchers have developed learning that the average percentage of 63,31% of the results of the validation by experts. (2) The results of student learning after using Student Teams Achievement 7,0 better with the details of value - average grade 75,2 and the experimental value - average class control 68,2.

Keywords: Method Learning Student Teams Achievement, and Student Learning Outcomes


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro