PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI COMPACT CASSETTE RECORDER KELAS XI TAV 1 DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Abiseka Atma Rynugraha, Edy Sulistyo .

Abstract


Abstrak

Berdasarkan pengamatan peneliti di program keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Surabaya diketahui beberapa masalah muncul karena guru masih menggunakan metode ceramah, siswa tidak dibiasakan belajar aktif, kurang sekali terjadi interaksi antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa. Oleh karena itu peneliti berinisiatif mengembangkan perangkat pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assestmen and Satisfaction ) untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memperbaiki compact cassette  recorder.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti untuk digunakan di sekolah, pengaruh pembelajaran model ARIAS terhadap hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (one group pretest-posttest design) dan pengembangan (R&D).

Berikut adalah hasil penelitian dan pengembangan (1) Analisis hasil validasi oleh guru dan dosen menyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan valid dan dapat digunakan di sekolah, (2) Analisis nilai pretest-posttest dengan uji-t berpasangan dua sisi menggunakan SPSS 15 diketahui Output SPSS memberikan nilai p-value untuk uji dua sisi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga merupakan bukti kuat menolak H0 dan menerima H1, artinya hasil belajar siswa sebelum memeroleh pembelajaran model ARIAS tidak sama dengan sesudah memeroleh pembelajaran model ARIAS, (3) Siswa memberikan respon positif terhadap model ARIAS dengan skor respon 83,97 % dan termasuk kriteria respon sangat baik.

 

Kata kunci  : Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) , kelayakan, pengaruh dan respon siswa.

Abstract

Based on the observations of researchers in program expertise Audio Video Engineering SMK Negeri 7 Surabaya known to some problems arise because teachers still use the lecture method, students are not accustomed to active learning, less so the interaction between students and teachers and students with students. Therefore, researchers took the initiative to develop the learning and applying the learning model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assestmen and Satisfaction) motivation to improve student achievement and learning outcomes in competency standard compact cassette recorder repair.

The purpose of this study was to determine the feasibility of researchers developed learning tools for use in schools, learning models ARIAS influence on learning outcomes of students, and the students' response to the learning. This research is a study (one group pretest-posttest design) and development (R & D).

Here are the results of research and development (1) Analysis of the results of validation by teachers and lecturers stated that the device developed valid and can be used in schools, (2) Analysis of pretest-posttest values ​​with paired t-test using SPSS 15 two-sided mind giving SPSS Output p-value of 0.000 for two-tailed test is less than 0.05 so it is a strong evidence to reject H0 and accept H1, meaning that student learning outcomes before acquiring ARIAS model of learning is not the same as learning models after acquiring ARIAS, (3) students respond ARIAS positively to the model with a score of 83.97% and a response including response criteria very well.

 

Key Word     : ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) model, worthiness, effect, and student response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro