PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Teguh Sumantoro ., Joko . .

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D), dengan tujuh langkah yaitu :  (1) Potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) analisa dan pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan mendiskripsikan tingkat kelayakan perangkat pembelajaran mata diklat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media ular tangga yang dikembangkan; (2) Mengetahui dan mendiskripsikan tingkat aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; dan (3)  mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan, dengan rating rata-rata 77,13% dengan rincian rating media permainan ular tangga 75,30%; materi 78,40% dan soal 77,70%; (2) Aktifitas guru pertemuan pertama, kedua dan ketiga masing-masing sebesar 76,00%, 81,00% dan 82,00% dengan rata-rata sebesar 79,67% termasuk dalam katagori baik. Sedangkan keaktifitas siswa pertemuan pertama, kedua dan ketiga masing-masing sebesar 67,20%, 76,30% dan 80,00% dengan rata-rata 74,50% dalam katagori baik; (3) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata 79,24 dan kelas kontrol 75,62. Berdasarkan uji-t didapat nilai thitung 3,053 > ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media permainan ular tangga berbeda atau lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif.

Kata kunci : media permainan ular tangga, hasilbelajar, aktivitas guru dan siswa.

 

 

Abstract

The author uses the method Research And Development (R &D). This research consists of seven steps namely: (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) design of product; (4) validation of the design; (5) revision of the design; (6) product trials, and (7) analysis and report. The purpose in this study were (1) to know the feasibility of media snakes and ladders as learning media; (2) to know teacher and student activities with implement cooperative learning methods TGT using the game of snakes and ladders; (3) and to know student learning outcomes after the implementation of cooperative learning methods TGT using snakes and ladders game.

The result of this research indicate that : (1) Developed learning tools fit for use, with an average rating of 77.13%, with a rating details media snakes and ladders game 75.30%, 78.40% material and test 77.70%; (2) The result of observations teacher activities the average from the first, second and the third meeting grade of 76.00%, 81.00% and 82.00%, this means include in good categories. Observation of student activity for the first, second and third meeting at 67.20%, 76.30% and 80.00% this means in good categories; (3) Of student learning outcomes in the experimental class obtaine and average grade of 79.24 and the average grade of 75.62 control class. While calculations using the t test obtained at tcount 3.053 and ttable of 2,00 Based on the results of research can be concluded that the class with using cooperative learning methods TGT with media snakes and ladders game having better learning outcomes than the classes that using cooperative learning  model.

Keywords : Snakes and Ladder Game, Learning Outcomes, Teacher and Student Activities.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro