PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN INSTALANSI SOUND SYSTEM DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Fania Farola .

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini ialah masih digunakannya model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan kurang aktif. Selain itu perangkat pembelajaran yang digunakan juga belum lengkap. Dengan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model inquiry based learning ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Rancangan ujicoba penelitian pada produk ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada desain ini kelas eksperimen di beri model pembelajaran inquiry based learning sedangkan kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional. Selanjutnya kedua kelas di beri soal posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis hasil belajar peneliti menggunakan uji-t satu pihak untuk membandingkan hasil belajar di kedua kelas tersebut.

Dari hasil penelitian yang diperoleh : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 84,12% dari hasil validasi oleh para ahli. (2) Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 81,67% dari hasil validasi oleh para ahli (3) Materi Ajar yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 82,5% dari hasil validasi oleh para ahli. (4) Soal Postest yang dikembangkan peneliti memiliki persentase rata-rata sebesar 82,5% dari hasil validasi oleh para ahli. (5) Respon siswa terhadap model inquiry based learning secara keseluruhan adalah positif dan termasuk dalam kriteria respon sangat baik dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 86,85%. (6) Dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar3,97dan ttabel 1,67. Ini berarti thitung > ttabel, maka disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model inquiry based learning lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model Inquiry Based Learning, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

The background of this research is still uses the conventional model of learning so that  the students feel tired and less active. Besides learning device used is still not complete. With the development of learning using inquiry based learning can improve the learning result.The research method is using research and development that is methods used to produce  a product and check the effectivy  these products. The design of research is use Quasi-Experimental Design with Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. These designs are experimental class and the control class. In this design the experiment class using  a model inquiry-based learning while the control class using  a conventional learning.

Then both of these class are gave posttest to know the learning result. The analysis of learning result using a t-tone tail.From the research results obtained: (1) The lesson plan that developed researchers has average result 84,12% of the validation by experts. (2) The student jobsheet researchers that developed average result 81,67% of the validation by experts. (3) The learning Materials that developed has average result  82,5% of the validation by experts. (4) The posttest exercise that developed has average result 82,5%  of the validation by experts. (5) The response of students to inquiry-based learning as a whole is positive and included in respond criteria very well with  the average  86,85% stydent response. (6) From the results we obtained  tcount is 3,97 and ttable is 1,67.  It means that tcount > ttable. So it was concluded that the student learning result  using inquiry-based learning is better than using the conventional learning.

Keywords: Model Inquiry Based Learning, Student Learning Result.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro