PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMKN 2 SURABAYA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012

Triogo Nugroho .

Abstract


Abstrak

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Tingkat prestasi siswa secara umum dapat dilihat pencapaian (penguasaan) siswa terhadap materi pembelajaran. Apabila bahan pelajaran yang diajarkan kurang dari 65% yang dikuasai oleh siswa peserta didik maka persentase keberhasilan siswa pada mata pelajaran tersebut tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar elektronika dan variabel apakah yang mempunyai kontribusi besar terhadap prestasi belajar elektronika.

Ditinjau dari tujuannya jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik berpengaruh positif  signifikan sebesar 0.005 (visual), 0,003 (auditorial dan kinestetik) terhadap prestasi belajar elektronika siswa kelas XI elektronika audio video SMKN 2 Surabaya semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Variabel gaya belajar kinestetik merupakan variabel yang paling besar kontribusinya terhadap prestasi belajar elektronika siswa kelas XI elektronika audio video SMKN 2 Surabaya Semester Gasal tahun ajaran 2011/2012.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Gaya Belajar.

.

 

Abstract

Learning achievement is the acquisition of knowledge or skills that are developed through the usual subjects indicated by test scores or numerical value is assigned by the teacher. The level of student achievement in general is indicated achievement (mastery) students to the learning material. If the material taught less than 65% is held by student learners, percentage of student success on these subjects is low. Factors affecting student achievement is one of style learning. The purpose of this study was to determine whether learning styles affect learning performance electronics and variable if that has contributed greatly to the achievement of learning electronics.

Terms of objective type of research is quantitative. The approach used in this study is a descriptive approach. From the research, visual learning styles, auditory and kinesthetic significant positive effect of 0.005 (visual), 0.003 (auditory and kinesthetic) to the learning achievement of students of class XI electronics audio video electronics SMKN 2 Surabaya odd semester academic year 2011/2012. Kinesthetic learning style variable is the variable that most of the contribution to the achievement of students of class XI electronics audio video electronics SMK Surabaya Odd Semester 2 of the school year 2011/2012.

 

Keywords

:

Learning Achievement and Learning Styles.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro