PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO

Akh. Putra Habi Wahyu Putra, Edy Sulistiyo .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada standar kompetensi menjelaskan dasar-dasar sinyal video. Modul yang digunakan dalam perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Solving. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran (rencana pembelajaran dan modul), validasi butir soal evaluasi model Problem Solving.

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan konsep pengembangan Research & Development dengan tiga tahapan utama yaitu (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap studi pengembangan dan (3) tahap evaluasi.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi terhadap modul memperoleh validasi dengan rata-rata sebesar 82.525%, validasi rencana pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 82.03% dan hasil validasi instrumen tes evaluasi memperoleh rata-rata sebesar 81.6%. maka dapat disimpulakan bahwa perangkat pembelajaran ini dikategorikan baik serta layak digunankan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil uji coba dengan menggunakan perangkat problem solving didapatkan hasil perhitungan uji T dengan hasil perhitungan uji T adalah 9.20 dengan harga t0.975 dan dk = 27 didpatkan nilai ttabel = 2.04. Terima H0 jika thitung < 2.04 jadi tolak H0 dan terima H1 karena thitung = 9.20 > 2.04 jauh di luar daerah penerimaan H0 sehingga hipotesis yang telah diajukan diterima yaitu terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran problem solving dibandingkan hasil belajar sebelum menggunakan perangkat tersebut.

Kata kunci: pembelajaran problem solving, penelitian & pengembangan, menjelaskan dasar-dasar sinyal video.

 

Abstract

This study aims to develop a device used in learning activities on competency standard describes the basics of video signals. Modules used in the study was developed using the Learning Problem Solving. The research instrument used is a learning device validation sheet (lesson plans and modules), validation of items evaluating the methods Problem Solving.

This study was conducted based on the concept of the development of Research & Development with the three main stages, namely (1) the preliminary study stage, (2) phase of the study, and (3) the evaluation phase.

From the research that has been done shows the validation of the module gain validation with an average of 82 525%, validation of lesson plans to obtain an average of 82.03% and the results of validation test evaluation instruments gained an average of 81.6%. Concluded that it can be categorized as a learning device is good and decent used in learning activities. From the test results by using a problem solving test calculation results obtained by the calculation of T test T test is 9.20. t0.975 price and the value obtained dk = 27 ttable = 2.04. Accept H0 if tarithmetic < 2.04 so reject H0 and accept H1 for tarithmetic = 9.20 > 2.04 far beyond the reception area so that the H0 hypothesis that has been proposed is accepted that there is an increase in learning outcomes after using the learning by teaching methods of problem solving than learning outcomes before using the device mentioned.

Keywords: Learning device, learning method of problem solving, research & development,

student learning outcomes.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro