PEMBUATAN TAHANAN ASUT MOTOR INDUKSI TIGA FASA ROTOR BELIT (SLIP RING) 41,5 V AC 50 W SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MESIN ARUS BOLAK-BALIK MATERI STARTING MOTOR INDUKSI TIGA FASA

Dwi Aryono ., Mislan . .

Abstract


ABSTRAK

Pembuatan media pembelajaran ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di Laboratorium Konversi Listrik Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Dan dari hasil wawancara dengan Kasub Lab dan Teknisi terdapat perangkat motor induksi tiga fasa rotor belit (slip ring) 41,5V AC 50W sebanyak dua buah. Kekurangan dari perangkat tersebut berupa sistem pengasutan yang dimana pada permulaan mulai jalan atau lebih sering juga disebut starter motor, sehingga dilakukan langkah pengembangan dan percobaan untuk menyempurnakan perangkat tersebut dengan pembuatan media pembelajaran mesin arus bolak-balik. Pada penelitian ini dibuat perangkat pembelajaran berupa tahanan asut motor induksi tiga fasa rotor belit (Slip ring) 41,5 volt AC 50W. Pengembangan tahanan asut ini didasarkan pada media pembelajaran yang belum ada dan digunakan untuk praktikum pada Laboratorium Konversi Listrik Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) tetapi dalam penelitian ini tidak semua langkah digunakan, disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahanan asut, lembar angket respon mahasiswa, dan tes untuk mahasiswa.

Efektivitas hasil belajar mahasiswa pada ranah kognitif didapatkan nilai rata- rata seluruh mahasiswa 87,00. Pada hasil kinerja psikomotor didapatkan nilai rata- rata seluruh mahasiswa 90,63. Apabila efektivitas hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor dirata-rata, maka didapat keseluruhan efektivitas hasil belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata 88,81, dan ketuntasan klasikal mencapai 100%, artinya nilai individu mahasiswa ≥75 kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rating respon mahasiswa terhadap tahanan asut mencapai 76,94% dikategorikan sangat baik.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, perangkat pembelajaran tahanan asut, penelitian pengembangan Research and Development (R&D), Efektivitas hasil belajar mahasiswa.

 

ABSTRACT

Making instructional media background from observations in Conversion Laboratory Electrical Engineering Faculty of Electrical Engineering, State University of Surabaya. And from interviews with Kasub Lab Technician and devices are three-phase induction motor rotor bush (slip ring) 41.5 V AC 50W by the two. Disadvantages of these devices form the starting system which starts at the beginning of the street or more often called starter motors, so the pace of development and trials carried out to enhance the device with media creation machine learning alternating current. In this study, a learning device made ​​prisoners asut three phase induction motor rotor bush (Slip ring) 41.5 volt AC 50W. Asut prisoners development is based on learning media that did not exist and used to practice on Conversion Laboratory Electrical Engineering Faculty of Electrical Engineering, State University of Surabaya.

The method used in this research is the Research and Development (R & D) in this study but not all measures used, adapted to the purpose of the research. While the instruments used in this study were prisoners asut, sheet student questionnaire responses, and tests for students.

Student learning outcomes in the cognitive domain score is the average of all students 87.00. Psychomotor performance results obtained on the average value of the entire student 90.63. If the learning outcomes in the cognitive and psychomotor averaged, the importance of the overall learning outcomes of students with an average value of 88.81, and classical completeness reaches 100%, meaning that the individual student score ≥ 75 minimum completeness criteria (KKM). Rating the response of students to achieve 76.94% asut prisoners categorized as very good.

 

Keywords: Instructional media, learning devices asut prisoners, research development Research and Development (R & D), student learning outcomes.



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro