PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Moch Khoirun Nas, Edy . Sulistyo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe Learning Together yang diterapkan pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran langsung yang diterapkan pada kelas Kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together akan lebih baik hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran langsung  pada kelas X di SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Penelitian ini menerapkan  model pembelajaran kooperatif  tipe Learning Together. Secara umum model pembelajaran tersebut memudahkan pembagian tugas dan memudahkan siswa belajar  melaksanakan tanggung jawab individunya sebagai anggota kelompok, tiap anggota kelompok mendapat tugas yang berbeda sehingga siswa bisa membangun pemahamannya sendiri serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together) adalah sebesar 85,712 dan standar deviasinya adalah sebesar 5,947 . Untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol (model pembelajaran langsung) adalah sebesar 78,809 dan standar deviasinya adalah sebesar 4,680. Perbedaan antara hasil belajar tersebut dinyatakan taraf signifikan yakni sebesar 5%, untuk thitung adalah sebesar 5,108 dan ttabel adalah sebesar 1,99. Oleh karena itu  thitung >  ttabel,  maka H1 diterima dan H0 ditolak, dari pernyataan tersebut bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together lebih baik dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung yang diterapkan di kelas X  SMK  Negeri 1 Sidoarjo.

 

 

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dan hasil belajar

 

Abstract

Study was to determine the effect of cooperative learning model Learning Together types are applied to the class of experiments and models of direct learning is applied to the control class. Cooperative learning model Learning Together types will be higher than the yield learning models of conventional learning in class X SMKN 1 Sidoarjo.

This study implement cooperative learning model Learning Together types. In general, the learning model facilitates the division of tasks and facilitate student learning perform individual responsibilities as a member of the group, each member of each group is given different tasks so that students can construct their own understanding and to improve learning outcomes.

The result showed the average student learning outcomes for experimental class (cooperative learning model Learning Together) amounted to 85,712 and the standard deviation is equal  to 5.947. For the average student learning outcomes for grade control (direct learning models) is at 78,809 and the standard deviation is equal to 4,680. The difference between the results of the study revealed that a significant level of  5%, for thitung amounted to 5,108 and ttabel amounted to 1,99. Therefore tcount >  ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected, from the statement that the learning outcomes using structured cooperative learning model types learning together better learning outcomes using direct learning model applied in class X SMKN 1 Sidoarjo.

Keywords : Model type of Learning Together and learning outcomes


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro