Pengaruh Teknik Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Sistem Mikroprosesor

Alfian Nur Dzul Qurnain, Hapsari Peni .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan teknik pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada mata diklat menerapkan sistem mikroprosesor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan design penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI 1 sebagai kelas kontrol dan X TEI 2 sebagai kelas eksperimen SMK Negeri 1 Jetis. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara teknik pembelajaran Quantum Teaching dan Model Pembelajaran Langsung dilakukan uji-t dengan bantuan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan, dengan taraf signifikansi yang ditentukan  sebesar α = 0.05 dan kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika thitung < t tabel . Dalam hal lainnya H0 ditolak. Menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran Quantum Teaching lebih unggul atau berbeda secara signifikan dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung yaitu nilai thitung = 3.543 lebih besar dari ttabel = 1.994. Dengan rata-rata nilai pada kelas yang menggunakan teknik pembelajaran Quantum Teaching = 83.47 dan 75.55 pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung

Kata Kunci: Quantum Teaching, Model Pembelajaran Langsung, Quasi Experiment, Hasil Belajar

 

Abstract

The reseach aim to determine differences in learning outcomes between students who are taught using Quantum Teaching learning techniques with students who are taught using Direct Learning Model on applying microprocessor system lesson. The research method used is Quasi Experimental Design with research design “Nonequivalent Control Group Design”. The subjects in this reseach were students of X TEI 1 class as control class and student of X TEI 2 class as experimental class of SMKN 1 Jetis. Then to find out the difference of learning outcomes between Quantum Teaching learning techniques and direct learning models with uji-t by SPSS software.

The results showed, with a significance level set at α = 0.05 and test criteria accept H0 if thitung < t tabel. In other cases H0 rejected. Show that student learning outcomes using Quantum Teaching higher or significantly different compared with the learning outcomes of students who use the Direct Learning Model with value of thitung = 3.543 larger than ttabel = 1.994. With the average value of the class that uses Quantum Teaching learning techniques = 83.47 and 75.55 of the class that uses Direct Learning Model.

Keyword: Quantum Teaching, Direct Learning Model, Quasi Experiment, Learning outcomes

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro