PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI THE FIRING LINE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

Dirgo Sukma Jawara, Jusuf Austerawan Pramukantoro

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif dengan strategi The Firing Line terhadap hasil belajar siswa pada standart kopetansi dasar-dasar elektronika kelas X. Pembelajaran aktif dengan strategi The Firing Line diharapkan siswa dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Driyorejo

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Metode Quasi eksperiment dengan rancangan “Nonequivalen Control Design”, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yaitu kelas TEI 1 dan kelas control yaitu kelas TEI 2. Kelas eksperimen mendapat perlakuan mengunakan pembelajaran aktif strategi The Firing Line, sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakanstrategi Indeks Card Macth. Tes dilakukan sebelum(Pre-test) dan sesudah perlakuan (Post-test). Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan  teknik analisis menggunakan Uji T.

Dari hasil penelitian di peroleh :. (1) berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh Thitung=2,218 >Ttabel=1,67.(α=0,05) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (2) efektivitas kelas yang di tinjau dari aktivitas kelas menunjukkan pembelajaran menggunakan strategi The Firing Line dengan persentase 74,19% lebih efektif dari pada pembelajaran aktif strategi Indeks Card Macth dengan persentase 56,67%..

Kata Kunci : Pembelajaran Aktif Strategi The Firing line, strategi Indeks Card Macth, hasil belajar, Aktivitas.

 

Abstract

The aim of this research is to know the effect of “The firing Line” learning strategy towards students’ study result based on basic competence Basic Elektrical of the Ninth grader. The Firing Line as a active learning strategy is expected to increase the students’ study result by having active and fun learning towards the students of Teknik Elektronika Industri on SMK Negeri 1 Driyorejo.

The research design of this Study is Experimental research which applies Quasi Experimental methodology with Nonequivalent Control Design. The subjects of this research are two different classes;  the first class is TEI 1 as the experimental group and TEI 2 as the control group. The learning strategy used in experimental group is The Firing Line while at the control group the strategy used is Indeks Card Match. To collect the data the writer administered Pre and Post Test which will be analyzed using T-test analysis.

The result of the research are: 1. According to the Post-Test score which is analyzed using T-Test it showed that the students’ study result of experimental group is better than control group with  Thitung=9,517>Ttabel=1,67.(α=0,05). 2. The effectiveness of the class based on the activity shows that the learning process using The Firing Line strategy more effective with percentage 74,19% than teaching learning process using Indeks Card Match strategy with percentage 56,67%.

Keywords: Active Learning Strategy The Firing Line, Indeks Card Match strategy, Students’ Study Result, effectiveness.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro