PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN KONSEP RANGKAIAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Rahmad Hamidi ., Munoto . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran CD Interaktif yang digunakan pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep rangkaian listrik siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Sidoarjo, (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan perangkat pembelajaran CD Interaktif pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep rangkaian listrik, (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran CD Interaktif, (4) Mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran CD Interaktif.

Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL  SMKN I Sidoarjo, yang terdiri dari 32 siswa, Lembar telaah perangkat pembelajaran terdiri dari: (1) Lembar telaah rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Lembar telaah buku siswa. (3) Lembar telaah kisi-kisi soal tes hasil belajar.

Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); b) Buku Siswa; dan c) Tes Hasil Belajar telah layak digunakan dalam proses belajar mengajar dengan kategori baik. (2)  Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan CD Interaktif  secara umum baik dengan rata-rata 3,0.  (3) Hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 87,5%, yaitu 28 siswa dari 32 siswa. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan bisa dianggap berhasil. 5) Respon siswa Sebagian besar merespon positif terhadap buku siswa.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, CD Interaktif, Model pengembangan

Abstract

This research aims to: (1) Describe the device of interactive learning CD which used on the basic of competency to describe students concept of the electric circuit of X class TITL SMK Negeri 1 Sidoarjo, (2) Describe lesson plan feasibility by implement Interactive learning CD on the basic of competence described concept of electric circuits, (3) Describe the student learning outcomes after implementing the interactive CD learning, (4) describe the response of students after using the device interactive learning CD.

The research method used is a development (Research and Development). The subjects in this study were students of X TITL class SMKN I Sidoarjo, which number of students 32, Sheet of learning device examine consisted of: (1) sheet examine of learning implementation plan. (2) sheet student examine books. (3) Sheet lattice examine matter of achievement test.

The research results indicate that: (1) learning device developed in this research include a) lesson plan (RPP), b) students book, and c) test learning outcomes have been suitable to be used in teaching and learning in good category. (2) lesson plan implementability Interactive CD overall good value with the average value of 3.0. (3) Student learning outcomes in classical declared complete of 87.5%, which 28 students from 32 students are made it. Therwby, learning is done successfully. 5) The response of most students respond positively to the students' books.

Keywords: Learning devices , CD Interactive , model development



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro