PEMBUATAN TRAINER LEMARI PENDINGIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL STANDAR KOMPETENSI MERAWAT DAN MEMPERBAIKI PERALATAN PENDINGIN

Achmad Kurniawan ., Endryansyah . .

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah membuat  trainer lemari pendingin sebagai alat bantu  pembelajaran pada standar kompetensi merawat dan memperbaiki peralatan pendingin dan untuk  mengetahui tingkat validitas kelayakan trainer lemari pendingin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) tetapi dalam penelitian ini tidak semua langkah digunakan, disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Untuk mengetahui kelayakan trainer lemari pendingin dilakukan tiga tahapan, yakni pembuatan (1) trainer lemari pendingin (2) validasi trainer oleh 3 validator dan (3) serta respon siswa terhadap trainer.

Hasil dari penelitian ini didapat sebuah trainer lemari pendingin yang dapat difungsikan dengan merakit rangkaian kelistrikan lemari pendingin . Berbentuk kotak dengan ukuran 120 cm x 50 cm x 50 cm. Rating validasi trainer mencapai 87,03 % atau dalam kategori sangat baik, Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif didapatkan nilai rata- rata seluruh siswa 89,59. Pada hasil kinerja psikomotor didapatkan nilai rata- rata seluruh siswa 88,88. Apabila hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor dirata-rata, maka didapat keseluruhan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 89,23, dan ketuntasan klasikal mencapai 100%, artinya nilai individu siswa ≥75 kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh depdiknas (2003: 21) dan telah di terapkan di SMKN 5 Surabaya. Rating respon siswa terhadap trainer mencapai 95,14% dikategorikan sangat baik.

 

Kata kunci : kelayakan trainer lemari pendingin, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap trainer.

ABSTRACT

The purpose of this study is to make a trainer of cooling machine as a learning media of competency standard to take care and repair cold materials pendingin and to determine the validity level of the feasibility of cooling machine trainer.

The method used in this study is Research and Development (R & D). However, this study doesn’t use all steps, adapted to the purpose of the study.To determine the feasibility of cooling machine trainers was conducted in four stages who have made, writer performed  (1) making cooling machine trainer, (2) validating trainer by 3 valuators and (3) students' response to the trainer.

The results of this study produced a cooling machine trainer that can be used with assembling electrical circuits of the freezer. With the box shaped and 120 cm x 50 cm x 50 cm in size. Validation rating of trainer reached 87.03% or in the excellent category, and than student learning outcomes in the cognitive domain show average value 89.59% from all students. Psychomotor performance results show on the average value of all the students 88.88%. If the learning outcomes in the cognitive and psychomotor are averaged, overall learning outcomes of students are 89.23%, and classical completeness reaches 100%, it means that the value of individual students ≥ 75of minimum completeness criteria (KKM) established by the National Ministry of Education (2003: 21) and has been applied in SMKN 5 Surabaya. Rating of students' response to the trainer reached 95.14% which categorized very well.

Key Word : The feasibility of cooling machine trainers, study result of the students, and respons of students to trainer.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro