PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA di SMK NU SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN

Muhammad Salim Akbar, Jusuf Austerawan Pramukantoro

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar elektronika agar diketahui motivasi belajar siswa meningkat, menurun atau tetap setelah pembelajaran menggunakan model quantum teaching.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Pre-test and post-test group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. Diambil kelas eksperimen yang diberikan tes sebelum perlakuan pembelajaran dan sesudah perlakuan pembelajaran model quantum teaching.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi awal pada siswa sebelum pembelajaran menggunakan model quantum teaching lebih rendah daripada motivasi belajar siswa sesudah pembelajaran dengan presentase peningkatan motivasi siswa sebesar 80,77% yang berarti tinggi. Quantum teaching dengan TANDUR membuat siswa dapat belajar secara optimal dengan memanfaatkan semua faktor pendukung yang ada serta guru sebagai fasilitator, pengarah dan pemberi tekanan positif agar siswa mengikuti alur pembelajaran yang dapat melejitkan kemampuan siswa sehingga model quantum teaching berpengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa dan hasil observasi aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dengan rata-rata aktivitas 80,5% yang termasuk dalam kategori aktif. Ini menunjukkan bahwa  model quantum teaching sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, jadi jika motivasi siswa tinggi maka proses belajar mengajar akan terasa lebih menyenangkan dan aktivitas belajar siswa meningkat.

Kata kunci : model Quantum Teaching, strategi TANDUR, motivasi belajar, observasi belajar siswa.

Abstract

This research study aims to determine the effect of learning by using quantum teaching model for students' motivation at competency standard of implement electronic basics for knowing student motivation increase, decreased or remain after learning by using quantum teaching model.

The method which used in the research is action research with a research design that is used is “ pre-test and post-test group design”. The population in this research is the grade X student of electronic engineering industrial of SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. That is taken experimental class is given test before and after treatment learning by using quantum teaching model.

The results of research showed that the initial motivation in student before learning by using quantum teaching model is lower than student motivation after learning , with the percentage of student motivation increase 80,77%  which mean high. Quantum teaching with TANDUR make the students can learn opptimally, by using all existing supporting factors and the teacher as a facilitator, director and giving positive pressure so the students follow the learning path which can increase students skill, so quantum teaching model is big effect on studying motivation and the result of observation students learning activities also showed an increase, with the average activity is 80,5% of active category. It shows that the quantum teaching model is very influential on students' motivation, so if thes tudent motivation is high then the learning process will be more fun and the activity student in the class increase.

Keyword   : quantum teaching model, TANDUR strategy, student motivation, observation student learning


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro