PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA antara MODEL PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY dengan TEKNIK RESUME KELOMPOK dan MODEL PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY di KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Nahindi Putra Gitama, Meini Sondang S.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran guide discovery dengan teknik resume kelompok lebih baik dari kelas yang menggunakan model pembelajaran guide discovery pada standar kompetensi melakukan perbaikan dan setting ulang sistem PC.

Dalam penelitian ini  menggunakan salah satu desain penelitian eksperimen yaitu Quasi Experimen Design (Nonequivalent control group design). Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar (LP2, LP3, pre-test dan post-test). Prosedur dalam penelitian ini, yaitu tahap persiapan dan perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.

Dari hasil penelitian yang diperoleh,menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar kelas X-TKJ 1 adalah sebesar 85,1 dengan standar deviasi sebesar 1,048 dan rata-rata hasil belajar kelas X-TKJ 2 adalah sebesar 81 dengan standart deviasi 2,769 daan hasil perhitungan uji mann-whitney u test didapat p  0,05, yaitu nilai probabilitas pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah p = 0,000, (2) dilihat bahwa rata-rata respon siswa secara keseluruhan yang menjawab sangat setuju sebesar 40%, setuju 49%, dan cukup setuju 11%, sehingga respon siswa terhadap pembelajaran guide discovery dengan teknik resume kelompok dikatakan positif. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran guide discovery dengan teknik resume kelompok lebih baik dari kelas yang menggunakan model pembelajaran guide discovery pada standar kompetensi melakukan perbaikan dan setting ulang sistem PC. Harapan yang dapat peneliti sampaikan, hendaknya model pembelajaran guide discovery dengan teknik resume kelompok dapat dikembangkan dan digunakan dalam proses belajar mengajar dengan sebelumnya melakukan telaah kompetensi yang ingin dicapai sehingga penerapannya sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai sehingga mendapatkan  hasil yang  lebih maksimal.

 

Kata kunci: Model pembelajaran guide discovery dengan teknik resume kelompok, model pembelajaran guide discovery, hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to determine whether student learning result in the classroom using guide discovery model with a group resume technique is better than classroom using guide discovery model standards of competence make improvements and re-setting the PC system.

In this research using one of the experimental research design that is Quasi Experiment Design (Nonequivalent control group design). Collecting data in this study was obtained through achievement test (LP2, LP3, pre-test and post-test). The procedures in this study, the preparation and planning stage of the research, implementation phase, and the final stage.

From the research results obtained, shows that: (1) an average of the results of studying class X-TKJ 1 is at 85,1 with a standard deviation of 1,048 and the average of the results of studying class X-TKJ 2 is at 81 with a standard deviation of 2,769 and the results of Mann-Whitney test calculations u test obtained p  0.05, probability value at 5% significance level (0.05) is p = 0.000, (2) shows that the average overall response of students who answered 40% strongly agree, 49% agree and 11% agree enough, so that the students' response to the guide discovery with group resume technique is said to positive. Based on the above results, it can be concluded that there is a difference in student learning result in the classroom using guide discovery model with a group resume technique is better than classroom using guide discovery model standards of competence make improvements and re-setting the PC system. Hope that researchers can tell, should be a discovery learning model with group resumes techniques can be developed and used in teaching and learning by doing research previous competencies to be achieved so that the application in accordance with the competencies to be achieved so as to get maximum results.

Keywords: Guide discovery model with groups resume technique, Guide discovery model, student learning result.



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro