PENGEMBANGAN E-PORTFOLIO SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN SISWA DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Fety Rosyida Nurhayati, Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen penilaian siswa berbentuk e-Portfolio. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, validitas item, reliabilitas serta respon siswa terhadap penugasan e-Portfolio pada standar kompetensi mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 4-D (four D models). Terdapat tiga penugasan yang dikembangkan oleh peneliti, kemudian diujicobakan kepada 36 siswa kelas X TEI SMK Negeri 2 Lamongan.

Penugasan e-Portfolio yang dikembangkan memenuhi syarat valid dengan rata-rata persentase sebesar 90,91%. Pada penugasan pertama dan kedua termasuk dalam kategori valid, sedangkan untuk penugasan ketiga terdapat 3 soal yang memiliki validitas rendah. Hasil pengujian reliabilitas ketiga penugasan secara berturut-turut adalah sebagai berikut 0,908, 0,918 dan 0,831 yang menunjukkan reliabilitas sangat tinggi. Respon baik diberikan oleh siswa, terlihat dari perolehan presentase sebesar 80,39%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penugasan e-portfolio yang dikembangkan  memenuhi syarat valid dan reliabel, serta efektif untuk digunakan sebagai instrumen penilaian.

Kata kunci: instrumen penilaian, e-Portfolio, validitas item, reliabilitas

Abstract

This research aims to develop assessment instruments of student on e-Portfolio. This research to find out validation, item validity, and reliability from assigntment of e-Portfolio on standard of competence measure electrical scale in electronic circuit.

The methodology that use in this research is 4-D method.There are three assigntment that developed by researcher, then tryout to 36 students of X Industrial Electronics Technique SMKN 2 Lamongan.

Assigntment of e-Portfolio has been up to standard of validity, with mean percentage of equal to 90,91%. On first and second assigntment include to valid category, while the third assigntment get 3 question that have low validity. the test of reliability alpha point successively is 0,908, 0,918 and 0,831 expressed thet have high reliability. Good respon given by student to assigntment of e-Portfolio with acquirement percentage equal to 80,39%. From the result, can conclude that the assigntment of the developed e-portfolio has been up to standard of validity and reliability, and effective to used as assessment instrument.

Keywords: assessment instrument, e-Portfolio, item validity, reliability


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro