PENGARUH MODUL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CISCO IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP TERHADAP KOMPETENSI MERAKIT PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

Singgih Dwi Supriyantoko, I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah : (1) media pembelajaran baru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) pengadaan trainer komputer yang masih dirasa memberatkan pihak sekolah, (3) keterampilan merupakan ruh dari pendidikan vokasi, (4) keberhasilan pembelaaran tidak tergantung sepenuhnya pada seorang tenaga pendidik.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan modul, dan media pembelajaran terhadap kompetensi merakit perangkat keras komputer pada kelas eksperimen, (2) mengetahui hasil respon siswa kelas XI ELIND 1 SMKN 1 Jetis terhadap modul dan media pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif experimen yang berdasar pada Pre experimental design model One-Shot Case Study. Sasaran penelitian ini adalah kelas XI ELIND (Elektronika Industri) yaitu kelas XI ELIND 1. Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Untuk mengetahui respon siswa terhadap modul dan media dilakukan dengan memberikan lembar angket kepada siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan uji analisis regresi linier ganda 2 prediktor, modul (X­1) dan media pembelajaran (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil uji kompetensi (Y) dengan koefisien variabel 0,000 < 0,05 (X1*Y) dan 0,042 < 0,05 (X2*Y), dan bersama-sama berkontribusi sebesar 60,9% terhadap hasil uji kompetensi sedangkan 39,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penggunaan modul dan media. (2) Hasil respon siswa sebesar 86,8% terhadap modul dan 85,06% terhadap media dapat diartikan bahwa penggunaan modul dan media pembelajaran mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa.

Kata kunci: Modul pembelajaran, Media pembelajaran, Kompetensi merakit perangkat keras komputer.

 

Abstract

The background of this research are: (1) a new learning media is needed to improve student motivation, (2) procurement of computer trainer who is still considered to burden the school, (3) skills is the spirit of vocational education, (4) learning success is not dependent entirely on an educator.

The aim of the research are: (1) knowing effect of the use modules, and learning media to assembly computer hardware competence in the experimental class, (2) knowing the students class XI ELIND 1 SMKN 1 Jetis responses of learning module and media.

The research method used experimental quantitative research methods based on Pre experimental design Model One-Shot Case Study. The target of this research is class XI ELIND (Electronics Industry) which is a class XI ELIND 1. To know the feasibility of learning device conducted by the expert validation are lecturers and teachers. To know the students' response of the module and media conducted by providing a questionnaire sheet to students.

The result of this research shows that: (1) based on multiple linear regression 2 predictors analysis test, learning modules (X­1) and media (X­2) significantly effect about competency (Y) tests with variable coefficients 0,000 < 0,05(X1*Y) and 0,042 < 0,05(X2*Y), then  together accounted for 77.6% of the competency test results, while 22.4% are effected by other factors beyond of modules and media. (2) the result of student responses obtai rating 86.8% of the module and 85.06% of the media means that the use of instructional media and module gets a very good response from students.

Keyword : Learning modules, Learning media, Computer hardware assembly competence

 

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro