Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ketrampilan Elektronika di SMP Negeri 1 Mantup Lamongan

Aldi Sugari .

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif, yang dapat membantu siswa memahami dan mengetahui hasil belajarnya terhadap materi yang disajikan dalam media, serta memberikan respon pada media dengan materi keterampilan elektronika di SMP Negeri 1 Mantup, Lamongan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan nonequivalent control group design pada kelas VII. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan eksperimen.

Penelitian ini memiliki 7 (tujuh) tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain media pembelajaran, (4) validasi media pembelajaran, (5) revisi media pembelajaran, (6) uji coba media pembelajaran, dan (7) analisis dan pelaporan hasil media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran keterampilan elektronika menunjukkan kategori yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase 84,79%. Soal dalam media dikategorikan sangat baik dengan presentase 82,92% dan mendapatkan respon sangat menarik dari siswa dengan presentase 89,025%. Hasil belajar diketahui dari hasil post test yang menunjukkan bahwa siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif daripada yang tidak  menggunakan media pembelajaran interaktif.         

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif, Lectora, Research and Development (R&D).

Abstract

This development of learning media using interactive multimedia research has the aim to produce an interactive learning media, which can help students to understand and know the results of the study on the topic presented, as well as respond to the media with electronics skills topic in SMP Negeri 1 Mantup, Lamongan.

This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. The study design used Quasi Experimental Design with nonequivalent control group design in VIIth grade. In this study using two classes are the control and experimental.

This research has 7 (seven) stages, that are: (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) design of learning media, (4) validation of learning media, (5) revision of learning media, (6) the trial of learning media, and (7) the analysis and reporting of the results of learning media. The results of the research development of interactive learning media on electronics skills topic showed a very good category to be used in learning with a percentage of 84,79%.  The questions on the media got a good category by percentage 82,92% and get a very interesting response from students with a percentage of 89,025%. The result of learning known from Post test results showed that students obtain higher learning results by using interactive learning media than those not using interactive learning media.

 

Keyword: Learning Media, Interactive Learning, Lectora, Research and Development (R&D).

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro