PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH ) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TITL 1 SMK NEGERI 7 SURABAYA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM KENDALI ELEKTROMAGNETIK

Nurul Hidayati ., Endryansyah . .

Abstract


Abstrak

Pada kurikulum 2013 menggunakan sebuah konsep pendekatan ilmiah di mana siswa mampu menemukan sebuah jawaban yang tidak berdasarkan angan-angan akan tetapi melalui proses ilmiah yang struktural. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan ilmiah ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional yang dilakukan selama ini. Penelitian ini juga bermaksud untuk mencari tahu respon siswa dengan pembelajaran yang mengunakan pendekatan ilmiah terutama pada standar kompetensi mengoperasikan sistem kendali elektromagnetik. Jenis peneilitian yang digunakan adalah pre experimental yang hanya terdiri dari satu kelas eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t berpasangan dua jalur, dari uji ini didapatkan nilai thitung sebesar -12,656, maka nilai thitung memasuki wilayah penerimaan HO (ttabel = 2,060) yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah mampu meningkatkan hasil belajar siswa, ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum perlakuan sebesar 61,35 menjadi 79,69 (setelah perlakuan). Serta 80,77% siswa menyatakan lebih tertarik terhadap materi yang diajarkan, 81,72% berpendapat bahwa mereka lebih mudah memahami materi dengan pendekatan ilmiah, 75,96% siswa merasa kondisi kelas lebih kondusif dibanding sebelumnya dan 91,35% siswa lebih yakin untuk melakukan percobaan di bengkel.

 

Kunci : Pendekatan ilmiah, Hasil belajar

 

Abstract

In 2013 curriculum uses a concept of a scientific approach where students are able to find an answer that is not based on wishful thinking but through the scientific structural process. The purpose of this study was to determine whether the scientific approach has the effect of improving student learning outcomes compared with conventional approaches undertaken so far. This study also intends to find out the response of students with learning using scientific approaches primarily on the competence standard electromagnetic control system. Type of this experiment used is a pre-experimental which consists of only one class of experimental research design with one group pretest-posttest. Where students will be given a pretest and posttest to determine the improvement of student outcomes.Hypothesis testing is done with two tail paired t test, this test obtained  tvalue = -12.656. the t value entering H0 reception area (ttable = 2.060), its mean that student learning outcome increase in scientific approach.The results showed that the scientific approach is able to improve student learning outcomes, is proven by the increase in average student learning outcomes of prior treatment of 61.35 into 79.69 (after treatment). As well as 80.77% of students stated more interested in the material being taught, 81.72%  them easier to understand the material with a scientific approach, 75.96% of students feel more favorable conditions than the previous class and 91.35% of students more confident to experimenting in workshop.

Keyword : Scientific approach, Learning outcome


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro