PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN METODE JIGSAW PADA STANDAR KOMPETENSI INSTALASI JARINGAN LAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK YPM 1 TAMAN - SIDOARJO

Sila Ayu Putri Hayati, I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan respon siswa menggunakan strategi pembelajaran  Inquiri dengan  metode Jigsaw lebih baik dari Model Pembelajaran Langsung (MPL), maka peneliti melakukan penelitian dengan  menggabungkan  strategi pembelajaran  Inquiri dengan metode Jigsaw pada standar kompetensi intalasi jaringan LAN yang bertujuan meningkatkan hasil belajar serta keaktifan siswa.

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Non Equivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK YPM 1 Taman. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas XI TTKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest pada siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran Inquiri dengan metode Jigsaw sama rendah dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Dan hasil posttest menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiri dengan metode Jigsaw memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (XI-TKJ 2) adalah 85,8 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (XI-TKJ 1) adalah 79,1 serta diperoleh thitung = 5,810 > ttabel = 1,67 denga taraf signifikansi sebesar 5%. Ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiri dengan metode Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Langsung (MPL).

 

Kata kunci    : strategi pembelajaran Inquiri dengan metode Jigsaw, hasil belajar siswa, respon siswa.

Abstract

This study aims to determine whether students' learning outcomes and responses using the Inquiry learning strategy with Jigsaw method was better than Direct Learning Model (MPL), the researchers was conducted the study with the inquiry learning strategy combining with the Jigsaw method on competency standard network intallation LAN which aims to improve outcomes learning and student activity.

The method is used a quasi experiment with a research design that used "Non equivalen Control Group Design". The population in this study were students of class XI TKJ SMK YPM 1 Taman . Sample taken 2 classes , class XI TTKJ 2 as an experimental class and class X TKJ 1 as a control class. While the results of their study to determine differences in the data analysis techniques used t-test .

The results showed that the pretest results in students before use the Inquiry learning strategies with Jigsaw method same lower to the learning outcomes of students with Learning Models Direct (MPL). And posttest results indicated that learning outcomes students who use the learning strategy Inquiry with Jigsaw method was higher than the learning outcomes of students who use the Direct Learning Model (MPL). With an average class learned the experimental results (XI - TKJ 2) was 85.8 and the average learning outcomes control class (XI - TKJ 1) was 79.1 and the obtained t = 5.810 > table = 1.67 significance level premises by 5 % . This shows that the application of the Inquiry learning strategies with Jigsaw method is better than the Direct Learning Model (MPL).

Keyword    : the Inquiri learning strategies and the jigsaw method, student learning outcomes student, student responses.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro