PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA MATA DIKLAT MEMPERBAIKI RADIO PENERIMA DI SMKN 2 SURABAYA

Mufti Aru Kunaefi, Puput Wanarti R .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode active knowledge sharing. Sasaran penelitian yaitu kelas XI AV di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “Postest Only Group Desain”.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk,analisa dan pelaporan.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada metode active knowledge sharing dinyatakan valid dengan hasil rating 76,66% dan respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode active knowledge sharing dinyatakan sangat setuju dengan hasil rating 88,02%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 75,50% dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,50%. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 4,434 dan t tabel pada taraf signifikan 5% (0,05) adalah 1,67. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode active knowledge sharing nilai hasil belajar lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Metode Active Knowledge Sharing, Perangakat Pembelajaran.

Abstract

The objectives of this research was to know the development of teaching instruments by using active knowledge sharing method. The sample of this research was the XI AV grade of SMK Negeri 2 Surabaya in the 2013-2014 academic year. The research design was “Posttest Only Group Design

The data collection method in this research was collected by students’ questionarre, and the students’ score which was analyzed by descriptive quantitave and stated in percentage. The procedures of this research were as follows: analyzing the problems, collecting the data, designing the product, validating the design, revising the design, testing the product, analyzing and reporting.

The validation result showed that the teaching instrument used in active knowledge sharing method stated valid with rated result 76,66% and the students’ response corcerned to the development of teaching instrument used active knowledge sharing method was absolutely agree with rate result 88,02%. The mean score of the students’in control class was 75,50% and tehe mean score of the students’ in experimental class was 79,50%. Whereas the result of T test obtained 4,434 and the significance value based on T table 5% (0,05) was 1,67. Based on the research above, it can be concluded that the students’ score of experiment class which was used the development of teaching instrument by using active knowledge sharing method was better than the class which was used conventional teaching model.

Keywords: Active Knowledge Sharing method, Teaching Instrument.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro