PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) COLOUR TELEVISION TRAINER PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN DAN PERAWATAN PERALATAN ELEKTRONIKA AUDIO-VIDEO PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

Rony Indra Kusuma, Edy Sulistiyo .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat lembar kerja siswa (LKS) yang layak ditinjau dari segi komponen isi, tata bahasa, dan penyajian. LKS ini bertindak sebagai pendamnping dari Colour Television Trainer tipe ETC-006 produksi dari Citralab mengacu pada pokok bahasan gejala dan macam-macam kerusakan sistem penerima televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun penelitian hanya dilakukan hingga tahap develop (pengembangan).

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kelayakan dari LKS yang dikembangkan. Kemudian untuk mengetahui keterlaksanaan LKS, dilakukan uji coba terbatas dengan sampel siswa sebanyak 20 orang siswa kelas XII AV1 SMKN 5 Surabaya, serta diberikan angket kepada sampel dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan.

Hasil penelitian berupa LKS Colour Television Trainer yang telah divalidasi dengan hasil rating dari segi komponen isi sebesar 90%, segi tata bahasa sebesar 78.33%, dan dari segi penyajian sebesar 90%. Sehingge secara umum LKS yang dikembangkan dikategorikan sangat layak dengan hasil rating rata-rata 86.11%. Setelah dilakukan uji coba terbatas menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS tersebut dapat terlaksana dengan baik hal ini berdasarkan nilai rata-rata siswa telah melampaui KKM sebesar 75, dengan rata-rata nilai siswa untuk kegiatan 1 sebesar 86.8, kegiatan 2 sebesar 82.2, kegiatan 3 sebesar 87.2, dan untuk kegiatan 4 sebesar 91.2. Dan dari angket siswa dapat diketahui bahwa LKS mendapatkan 88.33% respon positif dari sampel siswa.

Kata kunci: LKS Colour Television Trainer, pengembangan model 4D, sistem penerima televisi

Abstract

The purpose of this research is for making proper student job sheet which is observed from substance components, grammar, and presentation. This job sheet is for supporting the Colour Television Trainer ETC-006 from Citralab production refer to distinguishing mark of television receiver system. This is a kind of development research that use 4D models that are define, design, develop, and disseminate. But it is only done until develop step.

The technique of data collection use validation sheet for knowing the feasibility of the job sheet which have been developed. Then trial was done with 20 students of XII AV1 SMKN 5 Surabaya as a sample for knowing the implementation of the job sheet. At last the questionnaire was given to them to know their responses to the job sheet.

The result of this research is Colour Television Trainer student job sheet that has been validated with rating result as the following, 90% for substance components, 78.33% for grammar, and 90% for presentation. Overall it have 86.11% rating result, it means this job sheet is very feasible.  The trial show us that implementation of the job sheet is well done based on student’s average score that pass over the minimum score limit which is 75. The student’s average score for activity 1 is 86.8, activity 2 is 82.2, activity 3 is 87.2, and activity 4 is 91.2. At last the student’s questionnaires show us that this job sheet get 88.33% positive responses from the students

Keywords: Colour Television Trainer student job sheet, 4D model development, television receiver system

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro