PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI SISWA KELAS XI-TAV SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Charis Fathul Hadi, Edy Sulistiyo .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan model Concept Attainment pada kelas XI – TAV di SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Penulis mempunyai harapan untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran dengan mengembangkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 dengan model Concept Attainment.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah perangkat pembelajaran model Concept Attainment  layak digunakan untuk mencapai kompetensi dasar memperbaiki sistem penerima televisi? (2) Apakah guru mampu melaksanakan perangkat pembelajaran model Concept Attainment  pada kompetensi dasar memperbaiki sistem penerima televisi.

Metode penelitian yang digumakan adalah Research  and Development (R & D), dengan alur penelitian (1) Analisis masalah, (2) Tahap pengumpulan data, (3) Tahap desain produk, (4) Tahap validasi desain, (5) Tahap revisi desain, (6) Tahap uji coba produk, (7)  Analisis dan pelaporan. Berdasarkan hasil validasi yang dianalisis menggunakan 12Jumlah jawaban validator atau pengamat=14ni x i">   dapat dirinci sebagai berikut; (1) Silabus 85.15 (2) RPP 80.59 (3) Lembar kerja siswa (LKS) 76.68 (4) Lembar Penilaian (LP) 77.3, dan keterlaksanaan pembelejaran dengan rincian sebagai berikut; (1) Pembukaan pembelajaran 87.5 (2) Inti pembelajaran 81.25 (3) Penutup 79.14, dari hasil validasi perangkat pembelajaran dengan rata – rata 79.93 dengan kategori baik dan layak digunakan dan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di kelas dengan baik dengan rata – rata 82.14 sehingga dikategorikan baik dalam pembelajaran.

kata kunci: Model pembelajaran Concept Attainment, penelitian R & D, Kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran.

Abstract

This research aims to develop a learning instrument on curriculum 2013 using a model Concept Attainment, in class XI-TAV at SMK Negeri 1 Sidoarjo school year 2013/2014. Researcher hopes to further optimize learning activity by developing learning instrument on curriculum 2013 with Concept Attainment model.

The problems of this research are (1) Islearning instrument with Concept Attainment model feasible to be used in achieving basic competence repairing television receiver system? (2) Is the teacher able to implement learning instrument with Concept Attainment model the basic competence repairing television receiver system?

The research method used is a Research and Development (R & D), with a research phase of (1) problem analysis, (2) data collecting phase, (3) product design phase, (4) design validation phase, (5) design revision phase , (6) products trial phase, (7) analysis and reporting. Based on the results of the validation which are analyzed using the formula “number of responses of validator or observer” = ∑41 ni x ican  be broken down as follows; (1) Syllabus 85.15 (2) 80.59 RPP (3) student worksheet (LKS) 76.68 (4) Assessment Sheet (LP) 77.3, and the feasibility learning  is following details; (1) Opening phase of 87.5 (2) Core Phase 81.25 (3) 79.14 Closing phase, the results of validation study with average - 79.93 average is good category and feasible to use and the implementation of learning in the classroom is well carried out with an average of 82.14 so categorized good in learning .

Keywords: Concept Attainment learning model, R & Dresearch, learning feasibility, learning implementation.

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro