PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KOMPUTER KELAS X TEI DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

. Heru Susanto, I Gusti Putu Asto B.

Abstract


Abstrak

Berdasarkan pengamatan peneliti di program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Jombang diketahui beberapa masalah muncul karena guru masih menggunakan metode ceramah, diantaranya siswa ramai sendiri, jenuh, semangat belajar kurang, sehingga tidak antusias mengikuti pelajaran. Oleh karena itu peneliti berinisiatif menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer.

Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain “ The Nonequivalent Control Group Design”. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen (X TEI-1) dan satu kelas control (X TEI-2).

Berikut adalah hasil penelitian diperoleh data : (1) Analisis nilai pre-test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 1.173 dengan nilai signifikansi sebesar 0.249, sedangkan ttabel sebesar 1.70 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung < ttabel. Analisis nilai post-test menunjukkan bahwa hasil uji-t satu pihak kanan tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 1.874 > ttabel sebesar 1.70, sehingga diputuskan untuk menerima H1 bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dengan metode pembelajaran ceramah, (2) Siswa memberikan pernyataan yang positif terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing didapatkan presentase respon siswa sebesar 84.66% dan termasuk dalam kriteria baik.

Kata kunci: Metode Pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa.

Abstract

Based on the observations of researchers in Industrial Electronics Engineering skills program at SMK Negeri 3 Jombang note some problems arise because teachers still use the lecture method, including the students themselves busy, bored, lacking the spirit of learning, so it is not enthusiastic about taking lessons. Therefore, researchers using cooperative learning initiative by throwing the snowball method to improve student learning outcomes in competency standards apply concepts of digital electronics and computer electronic circuit.

In this study, the research design used was Quasi Experimental Design with the design of "The Nonequivalent Control Group Design". The study uses an experimental class (TEI X-1) and a control class (X TEI-2).

Here are the results obtained by the data: (1) the value of pre-test analysis showed that the value of t was 1.173 with a significance value of 0.249, while ttable of 1.70 with a significance value of 0.05. From the results obtained that the value of t < ttable. Analysis of post-test values ​​indicate that the t-test results obtained by the party of the right tcount 1.874 > ttable of 1.70, so it was decided to accept H1 that there are differences in learning outcomes of students who use the learning method snowball throwing the lecture method of teaching, (2) students give positive statements towards cooperative learning model obtained by the method of snowball throwing percentage of student responses at 84.66% and is included in both criteria.

Keyword: Cooperative learning methods with throwing snowball method can improve student learning outcomes and student response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro