PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HOREY (Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 3 Buduran)

Sholichah Ary Martini, Meini Sondang S.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran snowball throwing lebih baik dari metode pembelajaran course review horey, maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing dan metode pembelajaran course review horey pada mata pelajaran sistem komputer  .

Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Non Equivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 3 Buduran. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest pada siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran snowball throwing sama rendah dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran course review horey. Hasil posttest menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode pembelajaran snowball throwing memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran course review horey. Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X TKJ 1) adalah 91,3 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (X TKJ 2) adalah 84,8 serta diperoleh thitung = 3,129 > ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Ini menunjukkan bahwa perbandingan metode pembelajaran snowball throwing lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran course review horey.

Penerapan metode pembelajaran snowball throwing dan metode pembelajaran course review horey dapat digunakan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran dalam rangka menuntaskan hasil belajar siswa, sehingga pendekatan ini dapat diterapkan pada mata diklat lain yang sesuai.

 

Kata kunci     : metode pembelajaran snowball throwing, metode pembelajaran course review horey, hasil belajar siswa, respon siswa.

Abstract

This research aimed to know the whether of student learning achievement which used snowball throwing instruction method better than course review horey instruction method. Researcher conducting this research by using snowball throwing instruction method and course review horey instruction method on lesson of Computer System.

Method used was quasi experiment with research design “Non Equivalent Control Design”. The population in this research was students in grade X TKJ SMKN 3 Buduran. Samples taken were 2 classrooms, X TKJ 1 as experiment classroom and X TKJ 2 as control classroom. To know the differences of learning achievement it was used t-test analysis technique.

Yield of the research shows that pretest achievement of student before using snowball throwing instruction method was as low as course review horey instruction method. Posttest result shows that students which used snowball throwing instruction method have learning achievement higher than students which using course review horey instruction method. The average learning achievement of experiment classroom (X TKJ 1) was 91.3 and average learning achievement of control classroom (X TKJ 2) was 84,8 also obtained tcalculation = 3.129 > ttable = 1.67 with significance degree 5%. These is shows that the comparison of snowball throwing instruction method better than course review horey instruction method.

The application of learning methods snowball throwing and learning methods horey course reviews can be used as a new innovation in learning in order to complete the learning outcomes of students, so this approach can be applied to another kind appropriate of training.

 

Keyword : snowball throwing instruction method, course review horey instruction method, students learning achievement, student response

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro