PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SISTEM TELEKOMUNIKASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Guruh Satriya Putra, Puput Wanarti R.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons mahasiswa terhadap pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Sistem Telekomunikasi. Sasaran penelitian yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universtas Negeri Surabaya semester genap 2014.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket respon mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk,analisa dan pelaporan.

Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus dan modul pembelajaran. Hasil validasi oleh validator terhadap pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Sistem Telekomunikasi mendapatkan persentase kelayakan validasi perangkat pembelajaran dengan memperoleh hasil rata-rata 76,47%. Sedangkan respon mahasiswa terhadap pengembangan modul pembelajaran adalah positif dengan memperoleh rata-rata sebesar 86,3%. Dari hasil dan analisis data respon mahasiswa dikategorikan sangat baik maka pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah Sistem Telekomunikasi layak digunakan dalam proses perkuliahan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Respon Mahasiswa, Mata Kuliah Sistem Telekomunikasi.

Abstract

This study aims to determine the response of students to the development of learning modules on subjects Telecommunications System. Target research that students of Electrical Engineering Education S1 Surabaya State Universtas semester 2014.

Methods of data collection in this study was obtained through student questionnaire responses were analyzed descriptively quantitatively expressed as a percentage. The stages are implemented in this research is the analysis phase of the problem, the data collection stage, the stage ofproduct design, design validation stage, stage design revisions, product testing phase, analysis and reporting.

The device used is a learning module syllabus and learning. The results of the validation by the validator to the development of learning modules on the course to get a percentage Telecommunications System feasibility study to obtain the validation average yield 76.47%. While the student response to the development of learning modules is positive with an average gain of 86.3%. From the results and analysis of student response data is categorized very well the development of learning modules on subjects worthy Telecommunication System used in the lecture in the Department ofElectrical Engineering, State University of Surabaya.

Keywords: Learning Module Development, Student Response, Telecommunication Systems


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro