Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima Di SMK Negeri 5 Surabaya

Moch. Rizal Fauzi, . Edy Sulistyo

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi dewasa ini yang semakin pesat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing.Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mempunyai tujuan menciptakan lulusan sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku.Dalam sebuah pembelajaran, terdapat sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi,dalam penelitian ini peneliti akan mengembangkan salah satu media pembelajaran yaitu Modul.

Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Surabaya semester genap tahun 2013/2014  pada kelas TAV 1 standar kompetensi radio penerima.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket respon siswa dan validasi modul yang di analisis secara deskriptif kuantitatif  yang dinyatakan dalam persentase.Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu tahap analisa masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk,analisa dan pelaporan.

Hasil validasi yang dilakukan sebagai berikut pada validasi modul yg dilakukan para validator setelah di analisis diperoleh hasil rata-rata 79,70% ,pada angket respon siswa diperoleh  hasil rata-rata 88,1% termasuk kategori sangat baik oleh pakar menunjukkan bahwa modul layak untuk di gunakan atau dinyatakan valid.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran radio penerima

Abstract

The development of today's technology is rapidly increasing need of Human Resources (HR) were able bersaing.Sekolah Vocational (SMK) is one of the institutions of formal education that aims to create graduates in accordance with the standards of competence which berlaku.Dalam a learning, there is a learning media which can assist students in understanding the material, in this study the researcher will develop a learning media that module.

The study was conducted at SMK Negeri 5 Surabaya, the second semester of  2013/2014 at TAV class 1 radio penerima.Metode competency standards of data collection in this study was obtained through student questionnaire responses and validation modules in quantitative descriptive analysis expressed in persentase.Tahapan implemented in this study is the analysis phase of the problem, the data collection stage, the stage of product design, design validation stage, stage design revisions, product testing phase, analysis and reporting.

The results of the validation are performed as follows on the module which carried out the validation of the validator after analysis of the results obtained in an average of 79.70%, the student questionnaire responses obtained an average yield of 88.1% categorized as excellent by experts indicate that the module viable forinuseordeclaredinvalid.
Keywords: Learning Module radio receiver


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro