PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR

Oky Primajaya ., Edy Sulistyo .

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini ialah Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan  yaitu peserta didik itu sendiri, pengajar (guru), fasilitas, dan belum dimanfaatkannya media  secara maksimal, serta metode pembelajaran yang digunakan. Peserta didik dalam proses belajar dibantu oleh seorang guru, guru bertugas membantu, membimbing, dan memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuannya. Sumber belajar tersebut bisa berupa perangkat pembelajaran yang merupakan perangkat yang dipergunakan dalam proses pembelajaran (Trianto, 2008 : 121).

Metode penelitian yang digunakan Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk berbentuk baru dan menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan (Sukmadinata, 2005:164). Análisis hasil belajar peneliti menggunakan uji t dua pihak untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut.

Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Diketahui ttest sebesar 7,286  dari hasil perhitungan untuk  = 0,05, Dengan derajat kebebasan (df) = 58, maka ttabel adalah 2,00. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai  thitung = 7,286 > ttabel = 2,00. Artinya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. (2) Hasil analisis perhitungan angket respon siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media flash dan dapat dikategorikan baik dengan rata-rata 81,11%. Karena hasil respon siswa dikategorikan baik maka penggunaan media flash layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 7 Surabaya pada mata pelajaran teknik elektronika dasar.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Hasil Belajar siswa.

Abstract

Background of this study is one of the factors that lead to poor quality of education, ie the learners themselves, the instructor (teacher), facilities, and has a maximum media appropriates and learning methods used. Learners in the learning process is assisted by a teacher, the teacher on duty to help, guide, and facilitate learners to achieve their goals. Learning resources may be a learning tool, which is a tool used in the learning process (Trianto, 2008: 121).

The study used research methods used are research development or research and development (R & D). Research and development is a process or steps to develop a new product shape and improve products that already exist, which can be held accountable (Sukmadinata, 2005: 164). Researchers studying the analysis results using the t test for the two parties know the outcome of the students' learning.

From the research results obtained, namely: (1) the average - average among the learning does not use the media and earned media learning using the average value of 65.667 learn not to use the media and the average value of 78.933 learn to use the media. This indicates the influence of teaching using flash media on student learning outcomes. Shown also by the degree of significance of P <α or 0.00 <0.05. (2) The result of the calculation of the response A survey of students respond positively to the use of flash media and can be categorized either by an average of 81.11%. Because the response of students categorized good fit then use flash media used in the process of learning at SMK Negeri 7 Surabaya on the basis of electrical engineering subjects. Keywords: Computer-Based Learning Media, Student Learning Outcomes.



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro